BAZ Kuningan Dibantu 250 Juta

Kategori: 

Badan Amil Zakat ( BAZ ) Kabupaten Kuningan yang diketuai oleh H. Uba mendapatkan suntikan dana operasional dari APBD Kabupaten Kuningan tahun 2012. Sumber dana tersebut akan besumber dari APBD Perubahan Kabupaten Kuningan Tahun 2012. Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda yang hadir dalam acara Rakernis ( Rapat Kerja Teknis ) BAZ Kabupaten Kuningan tahun 2012 di Aula Gedung BAZ Jalan Ir. H. Juanda, Rabu 16 Mei 2012 mengatakan, BAZ Kabupaten Kuningan dalam operasionalnya jangan mengambil dari dana hasil pengumpulan zakat dari para muzaki, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kuningan merasa perlu membantu BAZ untuk operasionalnya.

Tahun 2012 ini Pemerintah Kabupaten Kuningan akan memberikan Rp. 250 Juta untuk BAZ. Dana ini diperuntukan untuk operasional BAZ Kuningan, jadi hasil pengumpulan dana Zakat yang dikumpulkan oleh BAZ nantinya akan diperuntukan dan dibagikan untuk para penerima zakat seluruhnya tanpa adanya potongan untuk operasional BAZ itu sendiri. Sementara itu dalam Rakernis tersebut diadakan acara serah terima jabatan Ketua BAZ Kuningan dari H. Rochmat Adrian, S.Sos kepada Ketua BAZ Baru H. Uba Sukari, AK.
Dalam sambutannya H. Rochmat Adrian berharap, BAZ kedepan akan lebih baik lagi dengan kepemimpinan yang baru, tentunya akan mendatangkan semangat baru juga untuk para pengurus dan jajaran BAZ Kuningan untuk bekerja lebih baik lagi. Seperti kita ketahuii bersama peranan BAZ sangat penting, sesuai dengan tugasnya BAZ sebagai wadah pengumpul zakat dan menyalurkan kepada mereka yang berhak menerimanya mempunyai peranan dalam membantu mengentaskan kemiskinan. Papar Adrian.
Hal tersebut juga disampaikan H. Uba Sukari, zakat, infaq dan shadakah merupakan bagian dari potensi umat Islam yang berdimensi ibadah amaliah, ijtimaa’iyah dan berorientasi pada individu dan masyarakat serta memiliki kepedulian dalam mengatasi kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan yang mengarah kepada pembinaan mental, keimanan, kepribadian dan keterampilan.
BAZ Kabupaten Kuningan sendiri setiap tahunnya mengalami peningkatan dalam penerimaan zakat, infq dan shadaqah, hal ini terbukti pada tahun 2010 BAZ Kuningan menerima sebesar Rp. 172.724.618,50 sedangkan tahun 2011 sebesar Rp. 805.054.337,41. Berarti mengalami kenaikan sebesar Rp. 88.123.448,13 atau 12,29%.
Hal ini memotivasi kami selaku pengurus baru BAZ Kuningan untuk mempertahankan atau mungkin meningkatkan kinerja BAZ Kuningan agar dapat memberikan pengetahuan kepada para muzaki akan pentingnya menunaikan zakat. Tutup Uba. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan )

Share