Bidang Pengembangan Sistem Informasi Diskominfo Kab.Kuningan Gelar Sosialisasi Rencana Induk Pengembangan E-Government

Reformasi birokrasi yang dilatarbelakangi tuntutan terhadap terbentuknya sistem pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara lebih efektif, melahirkan inspirasi penyediaan data informasi dan media komunikasi yang transparan melalui E-Government. E-Government sendiri adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-Government (e-gov) intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan sistem pemerintahan secara lebih efisien.
 

Untuk menjalankan sistem e-gov, diperlukan SDM aparatur pemerintah yang memiliki pemahaman yang luas terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk menciptakan SDM aparatur yang kompeten maka Bidang Pengembangan Sistem Informatika (PSI) Diskominfo Kab.Kuningan, menggelar Sosialisasi Rencana Induk Pengembangan e-Government, Selasa (29/12/2015) di Aula Hotel Grand Purnama Kuningan.
 

Kegiatan yang dibuka Sekretaris Daerah Kab. Kuningan, Drs.H.Yosep Setiawan, M.Si, dihadiri seluruh Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan serta pemateri dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) pusat.
 

Sekda Kuningan, Drs. H.Y osep Setiawan, M.Si saat memberikan sambutan mengatakan, penerapan e-goverment dalam sistem pemerintahan sangat relevan diera reformasi birokrasi saat ini. Manfaat E-Government menurutnya, yakni pelayanan yang lebih baik kepada publik terutama dalam hal informasi. Manfaat lain dari e-government menurutnya, adalah meningkatkan hubungan antar instansi di lingkungan Pemkab. Kuningan, pelaku bisnis dan masyarakat umum.
 

Selanjutnya Yosep mengemukakan, Keberadaan e-government kedepan, akan semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi di setiap instansi pemerintah, karena semua data akan tersimpan dalam satu pusat informasi.
 

“ e-government merupakan suatu keharusan dan tidak bisa ditawar lagi, karena ini penting untuk meningkatkan pelayan kepada publik disamping adanya transfaransi, akuntabilitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya di lingkungan pemerintah Kabupaten Kuningan,” pungkas Sekda.
 

Usai di buka oleh Sekda, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari BPPT Jakarta yakni, Ir. Guntur Harianto, MM (Kepala Balai) dan Ir. Irwan Rawa Rusdi, M.Sc (Kepala Pusat data dan Informasi BPPT). (MC Kuningan/Yudi).

Share