BPBD Jabar Gelar Rakor Rekontruksi Pasca Bencana Di Kuningan

Kategori: 
Kuningan ,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat gelar  Rapat Koordinasi dan sinkronisasi Penanganan Rehabilitasi dan Rekontruksi Pasca Bencana kab/kota se-Jawa Barat, di Kuningan,  Kamis (20/5/3021).
 
Hadir pada acara pembukaan ini Kepala BPBD Provinsi Jabar Dr. H. Dani Ramdhan, MT, Sekretaris Daerah Kabupaten  Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala BPBD Kabupaten Kuningan Indra Bayu Permana, S.STP, M.Si, dan perwakilan peserta dari 27 kab/kota.
 
Sekda Kabupaten Kuningan menyampaikan selamat datang di Kabupaten Kuningan dan memberikan apresiasi karena Kuningan ditunjuk menjadi tuan rumah. Semoga    menjadi spirit bagi kami untuk terus meningkatkan dari waktu ke waktu dalam penanganan pasca bencana, dan momen ini me jadi waktu yang tepat untuk berdiskusi dan bersilaturahmi.
 
"Adanya kegiatan ini  akan menikatkan koordinasi dan  kosultasi di lintas sektoral sehingga membangun kesamaan langkah, karena penanggulangan  bencana ini tidak bisa dilakukan secara parsial. Dan mesti melibatkan semua pihak untuk saling bahu membahu dalam penanggulangan  bencana yang  terpadu dan terencana"ungkapnya.
 
Sementara itu Kepala BPBD Provinsi Jabar mengatakan, bukan tanpa alasan mengapa Rakor   dilaksanakan di Kabupaten Kuningan. Hal ini sebagai bentuk apresiasi  bahwasanya  Kuningan termasuk salah satu yang cukup reaktif baik secara administratif maupun pelaporan lainnya dalam penanganan kebencanaan. Kendati tingkat kerawanan lumayan, namun bisa ditangani dengan sigap.
 
"Dengan Rapat Koordinasi ini dapat mempererat tali silaturahim dan meningkatkan sinergisitas dengan berbagai pengalaman penanganan Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana dari setiap BPBD kabupaten/kota se-Jawa Barat," ungkapnya.
 
Ditempat yang sama Kepala BPBD Kabupaten Kuningan mengatakan, tentunya momentum ini juga selain untuk sarana sharing sekaligus  sinkronisasi terkait program-program  yang ada di BPBD se-jawa barat. Juga tambahan motivasi buat kami untuk bisa berbuat lebih baik lagi.
 
"Upaya perbaikan ini dalam rangka  mewujudkan Jawa Barat  tangguh bencana atau Barata, kita juga menfollow up dalam bentuk Kuningan Tangguh Bencana dengan program diantaranya, sesuai tematik dari kegiatan  yang sekarang sedang dilakukan, dimana lebih fokus untuk melaksanakan penanggulangan kebencanaan ini adalah mitigasi," jelasnya 
 
Ia menerangkan, sebab mitigasi adalah harga mati atau ruh dari pada penanggulan kebencanaan yang ada di Kabupaten Kuningan secara khususnya, artinya ini merupakan satu langkah ke depan  kita bekerja, bekerja, bekerja dan bekerja terutama  dalam rangka melindungi masyarakat dari aspek-aspek potensi kebencanaan dalam bentuk mencegah lebih baik daripada kita lebih responshif dalam penanganan kebencanaan. (BID/IKP/DISKOMINFO)
Share