Buka Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi, Bupati : Semoga Kualitas SDM (Pengurus) Koperasi Menjadi Lebih Profesional, Mandiri Dan Berdikari.

Kategori: 

KUNINGAN,- Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kuningan menggelar Kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah, Akses Pasar Akses Pembiayaan, Penguatan Kelembagaan, Penataan Manajemen, Standarisasi dan Restrukturisasi Usaha Koperasi Kewenangan Kabupaten/ Kota.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH Resmi membuka kegiatan tersebut Selasa (14/06/2022) bertempat di Grage Sangkan Hotel Jl. Panawuan-Sangkanhurip, Panawuan, Kec. Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556.

Dalam sambutannya, Bupati Acep menyatakan bahwa berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Pemkab Kuningan agar koperasi dapat tumbuh dan berkembang dan selalu eksis dengan dunia usahanya dalam rangka mensejahterakan ekonomi anggota dan masyarakat sekitarnya. Salah satunya dengan kegiatan pelatihan seperti ini, dan lain sebagainya.

Lanjut, Bupati Acep, pelatihan ini sebagai bentuk dorongan pemerintah dalam pembinaan untuk mempermudah pengelolaan ekonomi rakyat melalui aktivitas Usaha Koperasi dan UMKM. sebagai soko guru perekonomian Indonesia sudah seharusnya koperasi ini menjadi alternatif paling utama yang dicari oleh masyarakat sebagai solusi dari persoalan ekonomi rumah tangga di masyarakat. akan tetapi, koperasi saat ini masih dijadikan alternatif solusi karena kurangnya                        brand position dan kepercayaan masyarakat pada koperasi. hal ini bermula dari pengelolaan usaha yang belum profesional yang dilakukan oleh sebagian pengurus koperasi.

“ Maka dari itu, dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan kualitas SDM (pengurus) Koperasi menjadi lebih profesional, mandiri dan berdikari dalam pengelolaan usaha koperasi, bukan hanya untuk anggota dan pengurus, jika koperasi ini semakin besar maka akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar koperasi” Tutur Bupati Acep.

Oleh karena itu, menurutnya diperlukan inisiasi inovasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia koperasi melalui berbagai kegiatan salah satunya kegiatan semacam ini,

" Kegiatan ini merupakan kegiatan strategis dalam meningkatkan dan memperkuat layanan usaha pada koperasi, " ucapnya.

Dengan demikian upaya koperasi untuk memberdayakan dan mengembangkan usaha secara mandiri terencana, sistematis dan menyeluruh baik pada tataran makro, meso dan mikro dengan fokus produk usaha, sumber daya manusia, kapasitas manajemen dan kelembagaan koperasi mempertahankan anggota koperasi dan menarik daya beli masyarakat awam untuk menggunakan produk pada koperasi, sambung Bupati.

“ Pelatihan perkoperasian, kewirausahaan, keterampilan pemilihan kemasan dan digital marketing ini akan memberikan dampak besar jika nanti peserta pelatihan dapat mengaplikasikan dan dapat menyebarkan keahlian setelah mengikuti pelatihan ini kepada anggota koperasi maupun kepada rekan-rekan umkm yang ada di kabupaten kuningan” Jelas Bupati. 

Selain itu, Bupati Acep juga menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada para peserta yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Kuningan melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan Dan Perindustrian Kabupaten Kuningan.

"Kami sangat mengapresiasi kepada para peserta atas partisipasinya dalam kegiatan ini. Untuk itu, ikuti kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh sampai selesai, sehingga sepulang dari tempat ini nantinya saudara dapat menerapkan ilmu ilmu yang didapatkan dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup koperasi,"tandasnya.

Dilaporkan Kadiskopdagperin Kabupaten Kuningan Bapak U. Kusmana., S.Sos, M.Si bahwa Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan dan dihadiri oleh Pejabat Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia dan Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Barat melalui Dana Alokasi Khusus Non Fisik TA 2022 menyelenggarakan 4 jenis Pelatihan sekaligus yakni Pelatihan Perkoperasian, Kewirausahaan, Keterampilan Teknis (Vocational)/ Kemasan dan Teknologi Informasi/ Digitalisasi KUMKM.

Dengan mengusung Tema “Koperasi Keren dan Modern, UMKM Naik Kelas” Keempat Latihan ini diselenggarakan selama 3 hari yakni dari tanggal 14-16 Juni 2022 bertempat di Grage Sangkan Hotel Panawuan Kuningan dalam upaya lebih mengajak lagi Koperasi dan UKM untuk :

  1. Siap merevitalisasi Koperasi,

  2. Mendorong Penerapan Akuntabilitas dan Kesehatan Koperasi melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT),

  3. Menggiatkan kembali tata kelola manajemen koperasi yang patuh regulasi,

  4. Meningkatkan kualitas SDM Pengurus dan atau Anggota Koperasi,

  5. Memajukan Para Pelaku UMKM dengan strategi bisnis dan pengelolaan kemasan,

  6. Serta Pentingnya menjalankan komitmen Dinas bersama seluruh Gerakan Koperasi di Kabupaten Kuningan melalui “Gerakan Berkoperasi MAJU menuju Digital Management” sejak 25 Agustus 2021 yang telah lalu.

Kadiskopdagperin U. Kusmana menerangkan bahwa transformasi dan inovasi Koperasi dan UKM melalui pengenalan Portal KUMKM merupakan strategi jitu dalam upaya bersama-sama membangun Koperasi Keren dan Modern yang ditandai dengan inovasi model bisnis, adopsi teknologi, kolaborasi multi pihak, pengelolaan profesional, serta memiliki koefisien tumbuh tinggi yang memberi manfaat besar kepada anggotanya. Penerapan teknologi sebagaimana yang telah dilakukan oleh DISKOPDAGPERIN dalam hal pelayanan masyarakat melalui Aplikasi SIBADU MIRAKYAT. Dimana Aplikasi SIBADU MIRAKYAT menjadi pusat bank data pelaku usaha di Kabupaten Kuningan melalui alamat https://bankdata.wimarket.id/ untuk mendapatkan informasi kegiatan Dinas, yang dilengkapi fitur Pendaftaran P-IRT dan NIB secara online serta katalog KUMKM dan Pasar Rakyat.

Kegiatan Pelatihan ini dihadiri Bapak Bupati Kuningan Bapak H. Acep Purnama, SH., MH;  Ir. Bastian, MBA Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan SDM Aparatur Kementerian Koperasi dan UKM RI (Diwakilkan); Hengki Andrianto, S.E., M.Ak – Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi Kementerian Koperasi dan UKM RI; dan Drs. Kusmana Hartadji., M.M – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, serta didukung oleh 15 Tenaga Ahli Pengajar dari unsur akademisi/ profesional/ Pengusaha Sukses dengan  total materi ajar sebanyak 96 JPL.

Usai membuka acara, Bupati Kuningan beserta tamu rombongan melihat produk-produk UMKM Kuningan yang di display di kegiatan tersebut dan Bupati pun tertarik dengan salah satu produk buatan UMKM Kuningan yakni sebuah Gitar Listrik yang dibuat oleh salah satu pengrajin yang mengikuti kegiatan pelatihan tersebut.  (Bid IKP/DIskominfo)

 
Share