Buka Musrenbangdes, Wabup : Jadikan Sebagai Media Aspirasi

Kategori: 

SINDANGAGUNG,- Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) merupakan kegiatan yang sangat diprioritaskan sebagai media aspirasi yang bertujuan untuk memajukan desa kearah yang lebih baik. Oleh karena itu, pemerintah desa sebagai media komunikasi dan konsultasi program pembangunan memiliki peran penting dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

“Musrenbang merupakan tahapan dalam perencanaan pembangunan yang harus dilaksanakan. Untuk itu, jadikan Musrenbang Desa ini sebagai media aspirasi, sebagai wadah/ladang pendapat, sehingga dapat menghasilkan skala prioritas pembangunan, agar pembangunan yang akan dilaksanakan tepat sasaran,” ujar Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan arahan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Sindangsari, Kecamatan Sindangagung, untuk tahun 2023, di Gedung Olahraga Sabilulungan desa setempat, Rabu (6/10/2021).

Dikatakan Wabup, melalui Musrenbangdes, diharapkan dapat mengakomodir kepentingan masyarakat yang paling prioritas, yang diselaraskan dengan rencana pembangunan yang ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, sehingga cita-cita mulia pelaksanaan pembangunan secara perlahan dapat dicapai dalam upaya mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kuningan.

"Saya berharap Musrenbang ini dapat melahirkan usulan program pembangunan yang lebih berkualitas, agar setiap anggaran yang dikeluarkan dapat bermanfaat untuk kemakmuran rakyat, khususnya masyarakat Desa Sindangsari, umumnya masyarakat Kabupaten Kuningan," ucapnya.

Selanjutnya Wabup menyampaikan, untuk mewujudkan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Kuningan, membutuhkan kolaborasi dan dukungan semua pihak, agar proses pembangunan berjalan sesuai dengan ketentuan dan terlaksana sesuai visi misi serta program strategis pemerintah daerah.

Sebelumnya, Kepala Desa Sindangsari, M. Taupik Abdullah, menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang Desa T.A 2023, merupakan pelaksanaan Musrenbang terakhir dimasa kepemimpinannya. Karena pada bulan Oktober tahun 2021 sekarang, merupakan akhir dari masa jabatannya sebagai Kepala Desa Sindangsari.

Untuk itu Taupik berharap, agar pelaksanaan Musrenbang Desa tersebut, dapat dilaksanakanakan dan diikuti dengan baik, agar hasil dari perencanaan pembangunan yang akan ditetapkan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap, melalui Musrenbang Desa ini, kita dapat menentukan arah pembangunan Desa Sindangsari dengan program-program yang berkualitas. Untuk menuju Sindangsari menjadi desa yang maju, mandiri, dan sejahtera,” imbuh Kades.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Taupik mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran perangkat dan masyarakat Desa Sindangsari, yang telah turut berpartisipasi dalam setiap program pembangunan selama dia menjabat. Karena menurutnya, tanpa adanya dukungan dan partisipasi dari semua pihak, mustahil berbagai pembangunan dapat terwujud.

“Saya juga menghaturkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, kepada seluruh masyarakat Desa Sindangsari, apabila selama saya menjabat sebagai kepala desa, banyak kekeliruan, banyak kesalahan, karena saya hanya manusia biasa yang tidak luput dari salah dan khilaf. Semoga di kepemimpinan yang akan datang, Desa Sindangsari dapat lebih maju lagi di segala bidang pembangunan,” pungkasnya.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Kuningan itu, turut dihadiri Camat beserta Forum Koordinasi Kecamatan Sindangagung, Perwakilan Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan dan peternakan, serta diikuti, BPD, LPM, PKK, Karang Taruna, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat desa setempat.

Sebagai informasi, usai membuka kegiatan Musrenbang Desa Sindangsari T.A 2023, Wakil Bupati Kuningan, melanjutkan kegiatan Monitoring Vaksinasi Covid-19 di Halaman Desa Kadugede, Kecamatan Kadugede. Adapun dalam kegiatan vaksinasi tersebut, disediakan 3000 dosis bagi masyarakat Kadugede dan sekitarnya. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share