Bumdes Arya Kamuning Desa Kaduela Resmi Di Buka Bupati

Kategori: 

Kuningan,-  Bupati kuningan H. Acep Purnama SH.,MH. Resmikan Bumdes Arya Kamuning di Desa Kaduela Kecamatan Pawasahan pada Senin(14/12/2020).  Peresmian Bumdes di lakukan secara simbolis dengan penguntingan pita di damping oleh H. Thoyib Kepala Desa Kaduela, Iim Ibrahim Direktur Bumdes Kamuning Arya beserta tamu undangan lainnya.

Bumdes merupakan lembaga ekonomi desa yang diciptakan untuk dapat meningkatkan perekonomian desa melalui kegiatan pengelolaan aset dan potensi desa dengan tujuan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa betapa pentingnya kedudukan bumdes yang mempunyai wewenang untuk mengelola kegiatan usaha yang tidak hanya untuk  menghasilkan pendapatan bagi desa, namun juga harus mampu memberdayakan segala potensi yang ada di desa, mulai dari pemberdayaan sumber daya manusia, sumber daya alam dan sumber daya lainnya. 

Bumdes salah satu harapan utama yang dianggap mampu mengambil peran besar dalam memecahkan berbagai persoalan ekonomi yang timbul di tingkat desa di samping itu, seiring dinamika pemerintahan dan atas dasarya pertimbangan legitimasi hukum bumdes yang  11 tahun 2020 tentang cipta kerja merubah beberapa ketentuan tentang bumdes yang sebelumnya diatur dalam undang- undang no 6 tahun 2014 tentang desa, salah satu perubahan ketentuannya yaitu status bumdes yang sebelumnya sebagai badan usaha berubah menjadi badan hukum. 

“Hari ini kita saksikan bersama gedung sekretariat bumdes arya kamuning desa kaduela telah selesai dibangun berdiri kokoh yang sebentar lagi akan diresmikan.  Hal ini merupakan wujud langkah konkrit seluruh elemen desa kaduela dalam mendukung profesionalisme bumdes untuk mewujudkan cita-cita mulia bersama yaitu terciptanya kesejahteraan masyarakat desa. Tentu saya sangat mengapresiasinya.” Ujar Bupati

Desa kuningan telah memfasilitasi kerjasama kemitraan antara bank jabar banten dengan asosiasi  bumdes kab kuningan dalam transaksi hal pelayanan keuangan masyarakat desa secara online yang dapat dilakukan di bumdes.  Seperti pembayaran pajak kendaraan bermotor.  pembayaran bisa dilakukan di bumdes kemudian, berkenaan dengan kegiatan usaha bumdes arya kamuning yang inti bisnisnya di bidang pengelolaan wisata desa terus tingkatkan kualitas pelayanan.

"Di Cicerem terdapat tempat sefie, ayunan, kolam terapi dan gazebo. Dari hasil wisata dapat membangun jalan menuju parkiran kolam terapi dan gedung bumdes. Besar harapan kami saran dan masukan demi kemajuan bumdes dan wisata." Ujar Direktur Bumdes.

Dalam upaya peningkatan ekonomi desa, banyak faktor penting yang perlu diperhatikan, di antaranta kemampuan identifikasi dan pemanfaatan sumber daya alam dan sektor-sektor potensial secara produktif. Efisien dan efektif, pembangunan infrastuktur pendukung kegiatan ekonomi desa, peningkatan kemampuan sumber daya manusia sebagai insan pembangunan, dan penataan dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan ekonomi desa dengan kepikada, melalui  desa dan bpd kaduela melahirkan kebijakan kebijakan yang berpihak kepada ekonomi kerakyatan berdasarkan upaya optimalisasi potensi lokal dan terus dorong bumdes di penyelenggaraan kegiatan usaha ekonomi baik secara moril maupun modal penyertaan baik berupa aset ataupun anggaran yang dibutuhkan.

Kepala Desa Kaduela, H. Thoyib “Semoga kedepannya Desa Kaduela lebih maju dengan arahan-arahan Bupati Kuningan dan DPMD yang telah hadir ditempat ini.” Pungkas Beliau.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH. Kepala dinas pemberdayaan masyarakat dan desa kabupaten kuningan, camat pasawahan beserta unsure muspika, kepala desa dan perangkat desa beserta unsure badan permusyawarahan desa kaduela,dan pengurus bumdes arya kamuning desa kaduela.(BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Share