Bunda Literasi Kabupaten Kuningan Lantik Bunda Literasi Tingkat Kecamatan

Kategori: 

KUNINGAN – Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama secara resmi melantik 32 Bunda Literasi Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan, pada Kegiatan Gebyar Kunjungan Perpustakaan Tahun 2020, di Teras Baca Perpustakaan Kabupaten Kuningan, Selasa (29/12/2020). Adapun yang dilantik secara langsung sebagai perwakilan Bunda Literasi Kecamatan, diantaranya Kecamatan Kramatmulya, Darma, Pasawahan, Cidahu dan Cibeureum. Sementara Kecamatan lainnya dilakukan secara virtual.

Turut menyaksikan khidmatnya prosesi pelantikan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan, Indra Purwantoro, S.AP, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Yuana Ridho Suganda, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Ella Dian, dan seluruh tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran panitia atas terlaksananya kegiatan ini. Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan gairah, budaya dan dan minat anak-anak, generasi muda serta seluruh komponen masyarakat khususnya di Kabupaten Kuningan.

“Gebyar ini merupakan momen yang sangat strategis  untuk mendukung minat masyarakat dalam mengunjungi perpustakaan untuk membaca. Hal ini dikarenakan membaca juga meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri,”terang Ika.

Dengan membaca, seseorang bisa membuka diri terhadap ide dan informasi baru. Sehingga dengan bertambahnya pengetahuan, akan semakin membangun kepercayaan diri seseorang. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka anak-anak dapat mengembangkan inovasi, kemampuan dan bakat yang dimiliki dengan lebih optimal. Sehingga dengan mengunjungi perpustakaan dan banyak membaca, dapat meningkatkan semarak literasi dan mewujudkan inovasi perpustakaan yang lebih maju.

“Saya berpesan dan mengajak kepada seluruh Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Se-Kabupaten Kuningan yang baru saja dilantik menjadi Bunda Literasi Kecamatan. Ini berarti harus ada kerjasama yang bagus antara Bunda Literasi dengan SKPD dan MUSPIKA dibawahnya, untuk meningkatnya Literasi di Kabupaten Kuningan,”pesannya.

Tugas mulia menanti Ketua TP PKK Kecamatan. Ia mengapresiasi dan mendukung penuh program literasi ini agar semarak inovasi literasi menggaum di seluruh wilayah Kabupaten Kuningan. Bantu tugas Camat dalam mensejahterakan masyarakatnya melalui program literasi, buat dan kembangkan perpustakaan di setiap Kecamatan, Desa dan Kelurahan. Dinas Arsip dan Perpustakaan adalah penggerak dan Pembina dalam mengembangkan perpustakaan.

“Susun program dan kegiatan inovatif yang dibutuhkan masyarakat. Ajak masyarakat untuk berkunjung dan berwisata ke Perpustakaan Umum Kabupaten Kuningan, serta memperkenalkannya kepada masyarakat umum dan anak-anak usia dini,”himbau Ika. (Handy Ramadhan).

 

Share