Bupati Acep Pimpin Upacara Hari Pahlawan 10 November

Kategori: 

KUNINGAN,- Pemerintah Kabupaten Kuningan menggelar upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 kali ini mengambil tema “Pahlawanku Inspirasiku” di Lapangan Setda Kabupaten Kuningan. Rabu (10/11/2021). Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. yang diikuti oleh Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., MSI. Forkopimda Kabupaten Kuningan beserta dengan Staf Ahli Bupati, Asisten Daerah, dan Kepala Bagian Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

Bupati Acep saat membacakan Pidato Tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang mengatakan, melalui momentum peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 ini marilah kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi di setiap langkah yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

“Setiap orang bisa menjadi Pahlawan dibidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya,” ungkap beliau.

Selanjutnya beliau mengatakan kepada anak-anak Indonesia dalam apapun keterbatasan, kalian harus bisa mengembangkan talenta apa saja, selama tidak ada kata menyerah dan putus asa dan tetap bekerja keras ditengah keterbatasan yang ada.

Dan teruslah menjadi anak Indonesia yang sebenarnya dengan memahami dan menghormati kesepakatan bersama : Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 sehingga kita dapat menjadi pemenang dalam era kehidupan normal baru.

Mengakhiri pidatonya beliau mengajak seluruh bangsa untuk menyatukan tekad dan langkah secara aktif dalam membangun Indonesia lebih baik.

Bupati mengajak para peserta upacara untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan, dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

"Mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan," kata Bupati.

Selain itu di katakan Bupati, pada momentum Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021, bangsa Indonesia didorong untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi. Setiap individu di Indonesia dapat menjadi pahlawan di bidang apa pun.

"Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ucap Bupati.

Dikutip melalui situs resmi, Kementerian Sosial (Kemensos), tema Hari Pahlawan 2021 yaitu ‘Pahlawanku Inspirasiku’ dimaksudkan untuk mengenang dan menghormati jasa serta perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tujuan tema ini adalah untuk membangun ingatan kolektif bangsa agar dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, tema ini ingin agar seluruh elemen bangsa turut memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dan meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia. (Bid IKP/ Diskominfo)

Share