Bupati Ajak Warga Cintai Kesenian Sunda

Kategori: 
Pasanggiri Tembang Pupuh

Bupati Kuningan, HJ. Utje CH Suganda, membuka Pasanggiri Tembang Pupuh yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan di halaman Bank BJB Kuningan pada Senin (20/04/2015). Hadir dalam acara tersebut Ketua Paguyuban Pasundan Kuningan yang sekaligus Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan serta para peserta Pasanggiri Tembang Pupuh. Dalam pasanggiri Tembang Pupuh tersebut diikuti oleh 43 penampil guru putra dan putri, 89 penampil dari siswa putra dan putri sehingga total 132 penampil, pasanggiri Tembang Pupuh itu sendiri akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 20 sampai dengan 21 April 2015.
 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya merasa bangga dengan terselenggaranya Pasanggiri Tembang Pupuh tersebut, Bupati sangat berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan secara rutin tiap tahunnnya. “ Kegiatan ini merupakan sebuah perwujudan pemeliharan kebudayaan sunda maka dari itu saya meminta kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan untuk terus mempertahankan kegiatan ini,” kata Bupati Kuningan.
 

“ Diera globalisasi dan modernisasi seperti sekarang ini, kesenian tradisional sudah mulai tergeser oleh budaya-budaya dari luar yang menyebabkan tidak sedikit anak-anak remaja yang tidak mengenal budayanya sendiri, diharapkan dengan adanya Pasanggiri Tembang Pupuh ini yang diikuti oleh para guru dan siswa sekolah, kesenian sunda akan semakin tumbuh dan dicintai oleh para pelajar karena itu saya meminta kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga untuk terus menjaga dan mengembangkan kesenian sunda ditengah kehidupan para siswa sekolah,” kata Hj. Utje Ch Suganda.
 

Selain itu juga Bupati Kuningan mengajak seluruh warga Kabupaten Kuningan untuk terus mencintai dan bersama-sama menjaga kesenian Sunda sehingga kesenian Sunda yang menjadi ciri hidup orang sunda bisa terus terjaga dan mampu diwariskan kepada anak cucu. ( Sumber : YHS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Pasanggiri Tembang Pupuh
Share