Bupati Buka Gebyar Pasar Murah

Kategori: 

Kuningan ,- Dalam upaya membantu warga masyarakat menyambut Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuningan bersama Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Kuningan dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan menggelar Pasar Murah mulai Jum’at (23/4/2021) sampai dengan Kamis (6/5/2021) di 13 Kecamatan dan 36 Desa.

Pasar murah ini dibuka secara resmi oleh Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, Kadis Kopdagperin, U. Kusmana, S.Sos, M.Si., dan Pimpinan Cabang BJB Kuningan, Iwan Setiawan, Kamis (22/4/2021).

“Kehadiran pasar murah ini saya harapkan dapat membangun dan menciptakan stabilitas, memantau ketersediaan kebutuhan bahan pokok serta pengendalian harga, juga karena sekarang sedang musim UMKM yang sekaligus dapat mencari potensi dari peluang pemasaran,” ungkap Bupati Acep mengawali sambutannya.

Kemudian, menurutnya H-10 menjelang hari lebaran di tempat-tempat seperti pasar dan pembelanjaan lainnya, akan mengalami intensitas kunjungan, maka dari itu perlu adanya himbauan dan sosialisasi pada warga untuk selalu menjaga jarak serta menghindari kerumunan, salah satunya melalui videotron yang telah di pasang.

“Percuma jika ekonomi UMKM di Kuningan maju jika kita tidak bisa menghindari covid-19  di tengah-tengah keramaian,” ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa, ada beberapa jenis kebutuhan pokok yang disubsidi di pasar murah ini seperti beras, gula pasir, telur, dan lain sebagainya.

Pembukan Gebyar Pasar Murah tersebut secara simbolis dengan Memecahkan Kendo dan melepas Mobil Pasar Murah oleh Bupati Kuningan.

“Saya ucapkan selamat, mudah-mudahan semuanya bisa mengena titik sasaran dan menghasilkan sesuatu manfaat yang Insya Allah dapat di terima oleh semua pihak untuk  memperkuat pendirian ekonomi. Laksanakan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas, terus menyuarakan sambil kita menggali potensi-potensi yang ada,” ujarnya.

Sementara, Kadis Kopdagperin, U. Kusmana, S.Sos, M.Si., menjelaskan, Pasar Murah dimulai di Kecamaan Cibingbin dari pukul 08.00-12.00 WIB.

Total ada lima desa yakni Bantar Panjang, Sukaharja, Sukamaju, Dukuh Badag, dan Cipondok. Sedangkan tanggal 23 April Pasar Murah digelar Cibeureum yakni di Desa Tarikolot, Kawungsari  Randusari, dan Sukarapih.

Selanjutnya, tanggal 26 April di Kecamatan Cimahi meliputi Desa Cikeusal, Cimahi, Cileuya, dan Cimulya. Untuk tanggal 27 Aprilnya meliputi Gunungsari, Kananga, Margabukti dan Mekarjaya.

Lanjut Kadis Kopdagperin, untuk tanggal 28 April di Kecamatan Cidahu. Total ada empat desa yang terdiri dari Datar, Cidahu, Mulyajaya, dan Legok.

Kecamatan Ciawigebang kata Kusmana mendapatkan jatah pada tanggal 29 April di tiga desa yaitu Sukadana, Padarama, dan Pamijahan.

“Kecamatan Cilebak juga mendapatkan jatah Pasar Murah di Desa Cilumusari dan Patala pada tanggal 30 April. Begitu juga Ciwaru yang akan digelar di Mulyajaya, Citikur dan Cilayung pada tanggal 3 Mei,” jelasnya

Dikatakan, Kecamatan Ciniru juga mendapatkan jatah , tapi hanya satu desa yakni Cijemit untuk tanggal 4 Mei . Sedangkan Kecamatan Pasawahan digelar di Desa Pasawahan 5 Mei.

Bagiamana dengan Kecamatan Subang dan Selajambe, di kecamatan bagian selatan Kuningan itu akan digelar di Desa Subang dan Selajambe pada tanggal 6 Mei.

“Kami berharap dengan adanya pasar murah membantu warga untuk memenuhi kebutuhan sembako menjelang lebaran,” pungkansya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

Share