Bupati Buka Kegiatan Pembekalan Implementasi Sistem Merit Dan Peningkatan Kerja ASN

Kategori: 

Kuningan ,- Untuk memberikan pemahaman yang komperhensif tentang penerapan sistem merit beserta dampaknya bagi ASN dan perangkat Daerah, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. Membuka kegiatan Pembekalan Implementasi Sistem Merit dan Peningkatan Kinerja ASN di Hotel Horison Tirta Sanita, Jumat (16/4/2021). Kegiatan ini dikaksanakan dengan pemberian arahan oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara   Prof. Dr. Agus Pramusinto, DEA.

Sistem merit dalam tata kelola ASN menjamin keadilan dalam pengangkatan, penempatan, penugasan dan pengembangan sdm secara terencana dan tidak deskriminatif dan semua berbasis pada kompetensi dan kinerja asn yang dinilai secara adil.

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatus Sipil Negara dan Peraturan Bupati Kuningan Nomor 68 Tahun 2017 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas pokok, fungsi serta tata kerja kepegawaian dan pengembangan SDM Kabupaten Kuningan.

Dalam laporan yang disampaikan Drs. H. Nurahim, M.Si. pembekalan Ini diikuti oleh 34 pejabat pimpinan tinggi pratama, 32 camat se-kabupaten kuningan, 25 sekretaris dinas/badan se-kabupaten kuningan, 32 sekretaris kecamatan se-kabupaten kuningan, dan 9 kepala bagian lingkup setda.

Untuk menjamin keberhasilan pembangunan, dibutuhkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang mumpuni dari para pejabat pemerintah di Kabupaten Kuningan. Kualitas umber daya manusia menjadi salah satu penentu keberhasilan pembangunan. Jika memiliki strategi, kebijakan, program dan kegiatan yang telah tertata dengan baik maka dibutuhkan pelaku pembangunan yang handal untuk menjamin hal tersebut berhasil di terapkan dengan baik. Hal tersebut disampaikan Bupati Kuningan dalam sambutannya.

"Dengan dilaksakannya pembekalan ini, dapat meningkatkan SDM yang berkuakitas sehingga ke depannya pengelolaan sumber daya alam di lingkungan kabupaten kuningan dapat dikelola dengan lebih baik lagi" ujarnya menambahkan.

Bupati Kuningan kemudian menginstruksikan kepada para peserta pembekalan agar dapat melakukan pengendalian, monitoring dan melakukan langkah inovatif untuk peningkatan kinerja.

"Saya harap ibu dan bapak dapat menemukan langkah-langkah solutif untuk memajukan kabupaten kuningan. Dengan modal seperti itu, ibu dan bapak akan berhasil menjadi manajer yang handal." Ujar Bupati.

Untuk para pejabat administrator dalam hal ini camat, kabag, sekretaris badan/dinas dan sekretaris camat, Bupati menegaskan untuk mengelola data pembangunan dengan baik. Menurutnya, tugas pejabat administrator adalah memastikan dukungan regulasi, data dan sistem dalam peyananan yang bapak/ibu kelola tersedia dengan lengkap, terbarukan dan dapat diakses dengan mudah.

"Di zaman sekarang, dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan kebijakan, aturan dan administrasi, selaku pejabat pemerintah daerah kita dituntut untuk bisa melakukan banyak hal di waktu yang singkat. Untuk itu, melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas diri." Ujarnya.

Mengakhiri sambutan, Bupati Kuningan berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik oleh para peserta pembekalan.

"Saya harap materi dari prof. agus dapat meningkatkan semangat, komitmen kita semua untuk mengabdi kepada bangsa dan negara sehingga pada akhirnya memicu peningkatan kinerja bapak dan ibu." Pungkasnya. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Share