Bupati Buka Kegiatan Sosialisasi Tingkat Kabupaten Program Perbaikan Rutilahu ABT Provinsi Tahun 2021

Kategori: 

KUNINGAN,- Sebagaimana kita ketahui bersama sector perumahan merupakan kebutuhan dasar masyarakat yang harus segera terpenuhi. Pemenuhan kebutuhan rumah yang layak huni dan sehat bagi masyarakat merupakan urusan yang wajib dalam pemenuhan pelayanan dasar yang diselenggarakan pemerintah, apalagi Program Rutilahu ini sasarannya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan dilaksanakan secara swakelola masyarakat, tutur Bupati Ketika Membuka Kegiatan Sosialisasi Tingkat Kabupaten Program Perbaikan Rutilahu ABT Provinsi Tahun 2021, bertempat di Wisma Permata, Kamis (16/12/2021).

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur Provinsi Jawa Barat Ridwan Kamil yang telah banyak mendukung dan memberikan Kembali kepercayaan Kembali kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan yaitu, Berupa Bantuan Program Perbaikan Rumah Tidak layak Huni (RUTILAHU) pada anggaran bantuan tambahan ini, sejumlah 700 unit rumah” Jelas Acep.

Lebih lanjut dijelaskan Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam pelaksanaanya sangat menyambut baik dan mendukung secara penuh atas terlaksananya program perbaikan rutilahu ini dan dampak positifnya dapat dirasakan bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, kemudian melalui penyelenggaraan acara sosialisasi kabupaten ini merupakan acara yang sangat strategis dan sangat penting dalam rangka kita semua menyamakan pemahaman dan persepsi bersama terhadap pelaksanaan program perbaikan rutilahu.

Selain itu dikatakan Bupati, Bentuk Kerjasama dalam melaksanakan program ini, merupakan suatu wadah kolaborasi yang baik, sekaligus juga merupakan wujud dari pelaksanaan kewajiban kita bersama dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan rumah yang layak huni bagi masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah di kabupaten Kuningan.

Pada Kesempatan tersebut Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Kuningan, Ir. I. Putu Bagiasna, MT. menjelaskan bahwa program perbaikan rumah tidak layak huni ini pada prinsipnya berupaya mendorong Prakarsa dan upaya masyarakat agar memiliki kemampuan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi sendiri pembangunan rumahnya secara swadaya. Hal ini di peruntukan bagi rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Dilaporkan Putu Bagiasna, Pelaksanaan kegiatan program perbaikan rutilahu 2021, Kabupaten Kuningan mendapatkan alokasi program rutilahu pada tahun 2021, sebagai berikut :

1. Pada anggaran Reguler

Jumlah Bantuan Rumah = 2.775 Rumah

Jumlah Lokasi Desa = 108 Desa

Jumlah Lokasi Kecamatan = 16 Kecamatan

Kemajuan Pelaksanaan = 100%

 2. Anggaran Bantuan Tambahan

Jumlah Bantuan Rumah = 700 Rumah

Jumlah Lokasi Desa = 37 Desa

Jumlah Lokasi Kecamatan = 14 Kecamatan

Kemajuan Pelaksanaan = Tahap Persiapan

“Hari ini kita melaksanakan sosialisasi Kabupaten untuk program rutilahu anggaran bantuan tambahan (ABT) tahun 2021 dalam rangka penyampaian informasi secara program untuk penyamaan persepsi dan pemahaman tentang pelaksanaan kegiatan program rutilahu” tutur Putu.

Hadir di acara para peserta sosialisasi yakni Camat sebanyak 14 utusan, Kepala Desa 37 utusan, Ketua LPM 37 utusan, Tim Teknis Kabupaten 10 utusan , Korfas dan TFL 20 utusan dan Kasi Perumahan Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jawa Barat, Indi Nurdiansyah, S.T (Bid IKP/ Diskominfo).

 

 

 

 

 

 

 

Share