Bupati Buka Muskab PMI Kabupaten Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH membuka secara resmi Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Kab.Kuningan. Kegiatan Muskab PMI Kuningan di laksanakan, Rabu (27/10/2021) di Aula salah satu Bank di Kuningan Jawa Barat.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat pada pengurus PMI Kabupaten Kuningan yang telah melaksanakan aturan organisasi Sesuai dengan AD/ ART PMI sehingga digelar Muskab. Bupati berpesan agar peserta Muskab bisa memaknai dengan baik arti musyawarah. Muskab ini merupakan agenda yang diadakan 1 (satu) kali dalam kurun waktu 5 (lima) tahun untuk menilai pertanggung jawaban pengurus PMI Masa Bhakti 2016-2021 dan untuk memilih kembali kepengurusan yang baru.

Lebih lanjut Bupati Acep mengatakan, diharapkan dapat merumuskan, menghasilkan program yang lebih baik untuk nanti kepengurusan baru masa bhakti 2021-2025 yang menjadikan PMI sebagai organisasi Profesional dengan mengedepankan layanan berkualitas kepada masyarakat.

Selain itu dikatakan Bupati Secara umum kita pandai dalam berorganisasi tetapi tidak semua pandai melaksanakan amanah organisasi, terlebih dalam mengemban amanah yang memerlukan perhatian khusus seperti PMI, apalagi PMI salah satu organisasi yang menjadi mitra pemerintah untuk menjamin ketersediaan darah yang aman, berkualitas, mudah diakses sesuai dengan kebutuhan masyarakat dimana hal ini sesuai dengan harapan visi misi PMI “Terwujudnya PMI yang Profesional dan Berintegritas Serta Bergerak Bersama Masyarakat”

“Saya ingin kebutuhan darah harus selalu tersedia, jangan sampai masyarakat tidak terlayani dengan baik, urusan administrasi di belakangkan bila dalam keadaan darurat atau genting” tegas Acep.

Dengan keberadaan PMI Kab.Kuningan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat melalui kegiatan yang meliputi Kegiatan Donor Darah, Penanggulangan Bencana, Pendidikan Palang Merah, Pendidikan KSR dan TSR di sekolah, membantu penanganan covid dsb.

Tugas penting selanjutnya bagi pengurus PMI adalah  membumikan PMI dimasyarakat, karena saat ini masih ada sebagian kecil masyarakat yang belum tahu tugas dari PMI.

“Sebagian warga masih mengenal PMI tugasnya hanyalah donor darah, karena sebenarnya PMI masih punya tugas dan misi kemanusian yang lebih banyak,” ungkap acep.

Dalam keterangannya, Ketua Panitia Muskab Usep Yusep menyampaikan, peserta muskab ini  di ikuti oleh Pengurus PMI Kab.Kuningan sebanyak 11 orang, Para Ketua Ranting PMI dari 32 Kecamatan, Pengurus PMI Provinsi Jabar, Kepala Dinas Instansi selaku peninjau Muskab PMI sebanyak 6 Instansi dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas pendidikan Kebudayaan, RSUD 45 Kuningan, Rumah Sakit Sekar Kamulyan Cigugur, KSR dan TSR. (Bid IKP/Diskominfo)

Share