Bupati Canangkan Kuningan Menanam

Kuningan Menanam

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch. Suganda mencanangkan kegiatan Kuningan menanam dalam rangka rangkaian peringatan Hari Jadi Kuningan ke-517. Kegiatan yang dilaksanakan di Kawasan Kebun Raya Kuningan ( KRK ) dihadiri oleh Bupati Kuningan yang didampingi oleh H. Aang Hamid Suganda, Sekretaris Daerah, H. Yosep Setiawan, Wakapolres Kuningan, Kompol Dian Setyawan, Para Asisten, Staf Ahli dan Para Kepala Dinas se-Kabupaten Kuningan, serta para Camat. Dalam laporannya Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Kuningan, Bunbun, mengatakan kegiatan ini bertujuan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kuningan ke-517 dan dalam rangka perluasan KRK yang akan dilaunching bulan November yang akan datang.
 

Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan, penanaman pohon di kawasan KRK ini jangan hanya dilakukan secara seremonial saja, akan tetapi harus dilaksanakan dengan inisiatif berbagai pihak agar kebun raya ini cepat terpenuhi dengan berbagai pepohonan yang sesuai dengan zonase yang telah ditentukan.
 

Lebih lanjut Bupati berharap sebelum akan dilaunchingnya KRK ini semua fasilitas pendukung baik jalan dan sebagainya harus sudah rampung. Sebagai kabupaten yang telah dicanangkan sebagai salah satu daerah konservasi di Jawa Barat mulai 2005, Kuningan terus menata pembangunan yang berwawasan lingkungan.
 

KRK dibangun tidak sekadar kebun yang ditanami pohon semata, namun difungsikan sebagai wisata alam yang berorientasi ilmiah (ecotourism). Karena itu dalam pembangunannya menggandeng LIPI serta pihak Kebun Raya Bogor dalam menyiapkan konsep sebagai lokasi penelitian tumbuhan dan konservasi alam lainnya.
 

KRK akan dibagi dalam berbagai zona seperti kantor penelitian, pendidikan lingkungan, rekreasi aktif, konservasi, koleksi tumbuhan lokal, buah-buahan, tumbuhan koleksi Indonesia khususnya Jawa dan tumbuhan koleksi dunia.
 

Di dalamnya juga memiliki fasilitas taman yang dirancang tematik seperti taman awi dan taman bebatuan selain ada Situ Cibuntu sebagai tujuan wisata. ( Sumber : Donis, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Kuningan Menanam
Kuningan Menanam
Share