Bupati Dan Wabup Sambut Hangat Wakil Menteri (Wamen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (PDTT) Budie Arie Setiadi Di Kabupaten Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN, Wakil Menteri (Wamen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kuningan sekaligus Peresmian Pom Desa (BUMDes) di Desa Cineumbey dan Desa Subang bertempat di Desa Cineumbeuy, Kecamatan Lebakwangi dan di lanjut dengan agenda meninjau Desa Wisata di Sakerta Timur, Kecamatan Darma Selasa ( 09/11/2021).

Kehadiran Wamen, Budi Arie Setiadi, di terima hangat oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH dan Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, S.H., M.Si di Pendopo Kabupaten Kuningan. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut mendampingi Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dan Asda 1 Setda Kuningan Drs. H. Nurahim, M. Si.

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan, terima kasih kepada Wamen, Budi Arie Setiadi bisa hadir di Kuningan . Karena kedatangan Wakil Menteri (Wamen) Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) merupakan kehormatan dan kebanggan bagi masyarakat dan pemerintah Kabupaten Kuningan.

“Selamat datang, terima kasih sudah datang ke Kabupaten Kuningan yang mempunyai motto juang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, dan Indah) , kami menyambut hangat dan bangga” tutur Bupati Acep.

Di pendopo Bupati dan Wabup berbincang hangat dengan wamen mengenai wilayah dan memperkenalkan potensi-potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Kuningan.

Ramah tamah yang dikemas secara sederhana, Wamen Budie beserta rombongan dijamu dengan menu makanan berciri khas Kabupaten Kuningan.

Usai menyantap hidangan Bupati Acep dan Wabup tampak asik berbincang dan berdiskusi dengan Wamen membahas berbagai topik dan program demi memajukan Kabupaten Kuningan.

Usai agenda di pendopo wamen bersama rombongan menuju desa cineumbeuy untuk Peresmian Pom Desa (BUMDes) di dampingi Wakil Bupati, Bupati Kuningan tidak ikut mendampingi di karenakan ada Kegiatan Penyampaian Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Nota Pengantar Bupati di DPRD Kab.Kuningan.

Peresmian Pom Desa (BUMDes) ditandai simbolis dengan penekanan tombol sirine kemudian di lanjut dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita di dampingi Wakil Bupati H. M. Ridho Suganda, S.H., M.Si, Kadis DPMD Drs. H. Dudi Pahrudin, M.Si., Kades Cineumbeuy Boma Hendra,  Kades Desa Subang Irin Ismali, Dirut PT. Purna Mitra Energi Yaya Sumantri,  beserta tamu undangan lainnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada pemerintah desa cineumbeuy dan desa subang, semoga pom desa ini bisa menjadi pelopor, menjadi inspirasi buat desa-desa lain di seluruh indonesia dalam pengadaan bahan bakar minyak khususnya bensin dan solar untuk masyarakat nya, semoga pom desa ini bisa digunakan untuk masyarakat, berguna bagi masyarakat dan juga memberikan keuntungan bagi desa terutama dalam bentuk kontribusi pendapatan asli desa” ucap Wamen Budie.

Wamen juga berharap semoga Pom Desa (BUMDes) ini bisa menjadi contoh pilot project bagi desa-desa lain di seluruh indonesia.

“Kita berharap mudah-mudahan ini  menjadi cerita yang sukses dan cerita sukses itu harus dimulai hari ini dan satu tahun kedepan usaha bumdes ini bisa menjadi kisah success story yang bisa ditularkan ke seluruh desa di indonesia” harap Wamen.

Wakil Menteri PDTT Budi Arie Setiadi  juga menyampaikan, membangun desa sama halnya dengan membangun masa depan Indonesia. Sebab Negara Indonesia tidak akan maju apabila didalamnya masih terdapat sebuah desa yang tertinggal, sehingga saat ini pemerintah berfokus pada perkembangan desa.

Lanjut Budi, pemuda desa merupakan generasi penerus bangsa yang harus selalu dijaga, sebuah desa tanpa anak muda sama dengan desa tanpa harapan. Desa dapat memberikan kesempatan bagi pemuda desa untuk berkreatifitas melalui BUMDes, dengan tujuan agar pemuda tidak meninggalkan desa. Sebab saat ini BUMDes telah menjadi badan hukum, maka kesempatan harus dimanfaatkan.

“Saya berharap seluruh desa yang ada di Kabupaten Kuningan khususnya dapat menjadi contoh bagi daerah lain, menuju desa maju dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, jika semua tercapai maka problematika negara akan selesai. Karena paradigma pembangunan memang harus dari bawah, meskipun pada prosesnya tidak dapat serentak,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut Wabup mengatakan, bahwa pada hari ini dilaksanakan peresmian Pom Desa Cineumbeuy yang di hadiri secara langsung oleh Bakan Wamen, Budie Arie Setiadi, kami merasa bangga dan bahagia.

“Karena kami merasa yakin tidak semua desa atau kabupaten memperoleh kesempatan yang sangat baik ini, harapan kami semoga dengan acara peresmian ini menjadi langkah awal kebangkitan ekonomi masyarakat desa cineumbeuy dan menjadi stimulus bagi desa yang lain untuk membangkitkan ekonomi masyarakat sesuai dengan potensi yang di miliki oleh masing-masing desa” tutur Wabup Ridho.      

Usai meresmikan Pom Desa (BUMDes), Wamen bersama rombongan melanjutkan agenda kegiatan menuju Desa Wisata di Desa Sakerta Timur, Kecamatan Darma.                                                                                                                                                                                                                                               

Budi Arie mengatakan, pengembangan desa wisata merupakan realisasi dari janji Presiden Joko Widodo untuk dapat meningkatkan perekonomian di desa. Menurutnya, desa wisata akan menjadi salah satu penopang bagi pembangunan desa berkelanjutan.

“Pembangunan desa wisata ini janji Pak Presiden. Janji Pak Presiden adalah mengembangkan desa digital dan desa wisata. Desa wisata harus didorong terus menerus,” ujarnya.

Terkait hal tersebut menurutnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan sejumlah kementerian/lembaga terkait, terus melakukan koordinasi dalam mendorong pengembangan desa wisata dan kreatif.

Di sisi lain Budi Arie mengatakan, keberhasilan pengembangan desa wisata tidak lepas dari peran aktif anak-anak muda di desa. Untuk itu, ia mengajak desa agar menggandeng para pemuda desa untuk membantu proses pembangunan di desa.

“Karena contoh desa wisata yang maju itu pelopornya selalu anak muda. Karena desa tanpa anak muda nggak ada potensi untuk maju,” ujarnya.

Wakil Bupati Kuningan berharap adanya kunjungan yang dilakukan oleh wamen Budi Arie Setiadi di Kab. Kuningan dapat memberikan pencerahan bagi kepala desa sehingga bisa mencapai kemandirian secara ekonomi maupun pembangunan, pungkasnya. (Bid IKP/ Diskominfo)

Share