Bupati Hadiri Pengukuhan/Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia)

Kategori: 

Kuningan ,- Bertempat di SMA Negeri 3 Kuningan, Jum’at (5/3/2021) digelar Pengukuhan/Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah HPAI (Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia) Kabupaten Kuningan sekaligus Lauching Buku Bumi Yang Indah Berawal Dari Sekolah.

Proses pelantikan di hadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. tampak hadir juga Ketua DPP KPAI yang di wakili Wakil Ketua Rosalia Sri Hartanti, M. Pd., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provisnsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Uca Somantri, M.Si., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan Wawan Setiawan, S.Hut., MT., ketua DPW KPAI Kabupaten Kuningan, serta seluruh Kepala Selolah SLTA, SLTP,  SD, MI se-Kabupaten  Kuningan.

“Hari ini kita sudah menyelesaikan satu tahap yaitu pelantikan pengukuhan Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia Kuningan dibentuk atas dasar kesepakatan bersama saran dan pendapat dari KPAI pusat, dimana maksud dan tujuan nya begitu baik sangat mulia.” kata Bupati mengawali sambutannya.

Selanjutnya Ia menjelaskan, bahwa sekolah adiwiyata mengandung arti dan makna, yaitu sekolah sehat, go green sekolah yang berwawasan lingkungan, sekolah yang hijau, sekolah yang penuh inspirasi, dan sekolah yang penuh suasana kenyamanan.

Selain itu, Bupati bersama Kepala Dinas Pendidikan akan membuat standarisasi pendidikan, salah satunya dengan Sekolah Adiwiyata ini dalam rangka membuat daya tarik kepercayaan dari orang tua/wali.

Tak lupa Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran KPAI yang barusan dikukuhkan, selamat bekerja serta membuka ruang untuk berdiskusi berkolaborasi dalam rangka mewujudkan Kuningan menuju Kuningan Kabupaten Pedidikan yang Adiwiyata.

“Selamat bekerja melaksanakan tugas KPAI Kuningan jaga selaku kekompakan, jangan tinggalkan pemerintah daerah, laksananakan kebijakan strategis yang imajinatif, inovatif, dan kolaboratif dengan seluruh stakeholder untuk membangun Sekolah Adiwiyata.” ungkap Bupati.

Pengukuhan ini sekaligus Lauching Buku Buku Bumi Yang Indah Berawal Dari Sekolah yang diserah terimakan oleh Penulis kepada Bupati Kuningan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Pendidikan Kabuapten Kuningan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X Provisnsi Jawa Barat, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Kuningan, dan Ketua Dewa Pimpinan Pusat (DPP) HPAI Pusat.

“Terima kasih dan selamat kepada Drs. Suleha, M.M.PD. telah membuat Buku Bumi Yang Indah Berawal Dari Sekolah, melalui pendidikan disekolah anak-anak  kita sedang dibetuk karakternya. Maka saya sepakat kepada Pak Suleha yang hari ini telah menerbitkan bukunya mudah-mudahan buku ini bisa dijadikan salah satu panduan dan kebijakan atau kearifan lokal yang bisa diberlakukan di Sekolah Kabupaten Kuningan.” ujar Bupati.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPW HPAI, yang di wakili oleh H Soleha M. PD melaporkan di Kabupaten Kuningan Forum Adiwiyata terbentuk pada tahun 2014, dengan dukungan Pemerintah Daerah dan Dinas Lingkungan Hidup sehingga sampai saat ini terus berpacu untuk mewujudkan visi Kabupaten Kuningan.

“Kami ingin mewujudkan harapan dari pemerintah yaitu pendidikan dari jenjang  Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) mendapatkan predikat Sekolah Adiwiyata.” ungkap H. Soleha mewakili Ketua DPW HPAI. 

Selanjutnya, H. Solehah menginformasikan bahwa, kemarin sudah berdiskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuningan untuk membuat Taman Adiwiyata yang akan dikelola oleh HPAI di semua jenjang sekolah, yang nantinya dapat di manfaatkan secara bersama- sama.

Sementara ketua DPP yang berhalangan hadir dan diwakili oleh Wakil Ketua DPP Rosalia Sri Hartati menyampaikan, “Luar biasa di Kabupaten Kuningan sinergitas dan para penggiat sudah terjalin sangat lama, dan hasilnya banyak sekolah adiwiyata yang dilahirkan di kabupaten kuningan ini. “ ujarnya.

Kemudian Rosalia menjelaskan, Mengenai sinergi untuk HPAI di Kuningan bersinergi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup, Keagamaan, dan Pemerintah Daerah, dan untuk meningkatkan HPAI akan membuat HPAI Ide Competition, program tersebut telah disampaikan dalam Rakerna.

Tak lupa Ia juga mengucapkan selamat bertugas dan selamat bergerak serta terima kasih kepada Bupati dan Kepala Dinas atas dukukungannya untuk HPAI Semoga target semua sekolah di Kuningan menjadi Adiwiyata Mandiri tercapai. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

 

Share