Bupati Hadiri Rakerda Dekopinda Kabupaten Kuningan

Kategori: 

KUNINGAN ,- Tantangan baru yang dihadapi koperasi saat ini tidak hanya sekadar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan teknologi digital dan inovasi produksi. Tetapi terkait upaya koperasi yang dapat mengambil peran dalam perubahan sosial ekonomi yang dinamis. 

Mengingat perekonomian di masa pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran berharga, bahwa koperasi harus mampu bersaing dengan pelaku ekonomi lain. Dengan menjadikan koperasi sebagai kekuatan ekonomi rakyat untuk pemulihan ekonomi nasional pada umumnya dan di Kabupaten Kuningan khususnya.

Demikian di antara arahan yang diberikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, saat membuka Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) dan pengukuhan Pimpinan Dekopinda Kabupaten Kuningan Periode 2020-2025, bertempat di Wisma Koperasi Pertama Kuningan, selasa (23/3).

Pemerintah Kabupaten Kuningan bersama Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) melakukan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA). Dengan digelarnya acara Rakerda ini, sebagai ajang untuk membangun motivasi, menumbuhkan inspirasi yang mengarah pada peningkatan kesadaran dalam etos kerja, profesionalitas dari seluruh jajaran gerakan koperasi lewat Dekopinda Kabupaten Kuningan, untuk membangkitkan peran koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat dan soko guru perekonomian.

Lebih lanjut Bupati Acep juga berpesan, menjadi wahana untuk membangun komitmen semua insan koperasi untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Kuningan terutama dalam rangka percepatan pertumbuhan perekonomian melalui layanan ekonomi produktif kepada masyarakat.

“Kami mengharapakan jajaran Dekopinda untuk tingkatkan kinerjanya dalam rangka keberdayaan koperasi melalui program-program yang telah direncanakan. Sebagai upaya meningkatkan eksistensi perkoperasian dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan kemajuan ekonomi Masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kabupaten Kuningan Drs. H. firman, MM. berharap, kepada pengurus Dekopinda ada peningkatan dalam kerja maupun berbagai usaha untuk kedepannya.

“Mudah-mudahan, dengan covid-19 ini ada hikmah yang kita bisa petik melalui temuan-temuan atau inovasi, sehingga pada waktunya nanti inovasi tersebut bisa digunakan untuk mengembangkan koperasi sehingga bisa lebih maju lagi,” tuturnya.

selain itu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Dekopinwil Jabar, Hj. Suarni Amran, SH,MH,M.Kn menyampaikan bahwa, upaya peremajaan dunia koperasi menuju era digitalisasi. “Dengan digitalisasi koperasi akan meningkatkan pelayanan, transparansi, dan akuntabilitas. Sehingga masyarakat yang menjadi anggota koperasi dapat terlayani dengan optimal, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap koperasi,” imbuhnya.

turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Dekopinda Kabupten Kuningan Drs. H. firman, MM. , Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Dekopinwil Jabar, Hj. Suarni Amran, SH,MH,M.Kn. , serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

Share