Bupati Ikuti Kegiatan Silaturahmi Dan Tadarus Bersama Alim Ulama

Kategori: 

Kuningan ,- Dalam mengisi kegiatan Gebyar Ramadhan 1442 H, Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. mengikuti kegiatan Silaturahmi dan Tadarus Bersama Alim Ulama di Hotel Purnama, Jum’at (7/5/2021).

Turut hadir pula, Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, M. Si. , Kabag Kesra Kabupaten Kuningan, H. Nunung Nurjati, Ketua PC NU, KH. Aam Aminudin, Ketua Forum Kiyai Kabupaten Kuningan, Oding,  serta seluruh Almukarom, Kiyai, serta Alim Ulama yang hadir.

Bupati Kuningan, mengatakan, beliau sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan silaturahmi ini, terlebih kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Suci Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Semoga melalui silaturahmi ini Kota Kuningan tercinta selalu dalam kedamaian dan kemajuan di berbagai bidang.

“Saya sangat menyambut baik kegiatan ini yang diisi dengan ramah tamah, bertausiah dan tadarusan yang bermutu, serta berdialog dengan para Alim Ulama. Semoga momentum ini membuahkan komitmen yang lebih tinggi dalam mendorong kemajuan pembangunan di Kabupaten Kuningan, termasuk membangun kehidupan beragama dengan sejuk, damai dan penuh keakraban,” kata Bupati.

Selanjutnya, Bupati menjelaskan bahwa, Tadarus adalah membaca dan mempelajari Al-qur'an, secara lebih mendalam yang dibaca bersama-sama sambil membetulkan lafal dan mengungkapkan maknanya yang dilakukan  untuk ibadah kepada Allah SWT.

Bukti mencintai Al-qur'an, lanjut Bupati, yaitu dengan membaca dan memahami maknanya, dimana Al-qur'an sebagai  petunjuk bagi semua manusia. Keutamaan tadarus  Al-qur'an diantaranya adalah mendapat ilmu khususnya ilmu membaca Al-qur'an dan mempererat tali persaudaraan dengan saling berbagi ilmu serta memberi syafaat di akhirat.

“Untuk itu, mari kita memperbanyak waktu dengan membaca Al-qur'an pada Bulan Ramadhan ini, dan tetap menggemakan Al-qur'an supaya kita semua selamat di dunia dan akihirat,” ajak Bupati.

Pada kesempatan itu ini juga, Bupati mengingatkan, bahwa silaturahmi merupakan hal yang sangat penting dalam penyerapan nilai dalam mempererat dan memperkokoh persatuan kesatuan serta  interaksi sosial dikalangan umat islam maupun antar umat beragama.

“Pada kondisi saat ini hikmah silaturahmi sangat penting untuk menutup adanya ruang kosong penerimaan informasi yang mungkin keliru menyangkut segala sesuatu di bidang kemasyarakatan dan pembangunan lainnya, baik secara fisik maupun non fisik,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati berharap, dengan jalinan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Kuningan dengan Alim Ulama untuk tetap terjalin harmonis dan ikut serta memberikan masukan untuk terwujudnya Visi Kuningan yang Makmur, Agamis dan Pinunjul.

“Saya berharap dukungan dan dorongan dari saudara-saudara seluruh Alim Ulama dan Umaro, semoga Kuningan ke depan lebih maju di berbagai bidang, serta selamanya dalam keadaan damai, aman dan tentram, karena Kabupaten Kuningan tak bisa dibangun oleh Bupati atau Wakil Bupati saja, tetapi melainkan dengan dukungan dari seluruh pihak termasuk peran dari para Ulama,” pungkasnya.  

Pada kesempatan ini juga sekaligus, penyerahan buku 65 Kultum Kamtibmas oleh Drs. K.H.D Syarif Hidayatullah, M.A. kepada Bupati Kuningan.

Sementara Kabag Kesra, H. Nunung Nurjati sekaligus ketua penyelenggara, menyampaikan, bahwa Kegiatan ini dalam rangka untuk mengisi waktu di bulan Ramadhan melalui kegiatan yang bermanfaat dan mengandung amal ibadah.

“Kita manfaatkan moment bulan Ramadhan 1442 H ini untuk mendulang pahala serta memperbaiki bacaan Al-qur’an melalui tadarus serta memperbanyak bacaan Al-qur’an,” ungkapnya.

Lanjutnya, Ia juga mengajak bersama-sama berdo’a agar Bupati diberikan kesehatan dan umur yang panjang, “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini menjadi amal shaleh kita di akhir zaman," lanjutnya. 

Sama halnya yang di ungkapkan ketua penyelenggara,  Ketua Forum Kiyai Kabupaten Kuningan, Oding, juga untuk mengajak untuk berdo’a bersama-sama agar Bupati Kuningan dan seluruh yang ada disini di berikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugas untuk memajukan Kabupaten Kuningan.

“Terima kasih, kepada Bupati dan Para Ulama yang telah hadir pada kesempatan ini, semoga di berikan kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan tugas untuk memajukan Kabupaten Kuningan,” ungkapnya. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

Share