Bupati Kukuhkan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gora Indah Desa Cimara

Kategori: 
Bupati Kukuhkan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gora Indah Desa Cimara

Kuningan, (IKP) .- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata Gora Indah Desa Cimara Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan di Desa Cimara Kecamatan Cibeureum, Sabtu (05/12/20200. Desa Cimara merupakan sebuah desa yang berada di tenggara Kabupaten Kuningan atau 40 km berada di tenggara Kabupaten Kuningan yang tepat nya merupakan kawasan gunung, persawahan dan  perbukitan. Untuk data  penduduk 60% mata pencahariannya adalah sebagai petani  sisanya adalah sebagai pedagang dan ada diantaranya sebagai PNS.  

Pemerintah  Desa Cimara bersepakat pada tanggal 30 oktober 2020 mencanangkan sebagai desa wisata. Karena wisata alam di desa cimara yang banyak potensinya. salah satu nya adalah Desa Cimara ini memilki potensi  perbukitan pasir gora, pendakian gunung tilu, wisata ziarah gunung tilu, wisata arung jeram, wisata ziarah makam hulu dayeuh, wisata curug sawer, wisata sejarah situs gagajahan, gora hayam dan wisata goa indrakila.

Dalam kesempatan ini Ketua Pordakwis Andi Fastel, S.Pd  menyampaikan, Wisata panorama Pasir Gora merupakan tempat unggulan dari Desa Cimara yang terdiri dari beberapa bukit  memanjang seluas kurang lebih 36 hektar  diantaranya 2 hektar yang sudah dijadikan perumahan relokasi  pada 2018. Dan pada kurang lebih 857 meter diatas permukaan laut yang merupakan permukiman tertinggi  di Cibereum sehingga bisa melihat alam dari segala arah.

“Wisata Pasir gora menjadi unggulan karena tanah milik desa luas 36 hektar, Argo wisata/wisata edukasi buah-buahan,pemandangan arah barat-utara-selatan yang mempesona, spot panjat tebing, terintegrasi kereta gantung, kolam renang, bumi perkemahan, dan terwujudnya penghijauan secara terarah.” Ujarnya

“Masyarakat Desa Cimara  mempunyai keinginan menjadi desa wisata.Dengan waktu  kurang lebih 2 minggu, dan jumlah suara yang serentak 1260 ribu orang.  Dengan dukungan keluarga ,tokoh dan masyarakat . serta  potensi yang ada banyak sekali yang bisa dijadikan tempat wisata alam, seperti kolam renang, tempat berkemaha  dan lainy.  lokasi nya pun cukup  luas kurang lebih 36 hektar .  Oleh karena itu kami merasa terarik jika ini dimanfaatkan sebagai wahana wisata. Selain itu Desa Cimara juga pernah mengikut lomba bina wilayah dan menjadi juara 1 Kabupaten Kuningan.” Ujar Kepala Desa Cimara Kusra KH

Pada kesempatan ini Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan Toto Toharudin , M.Pd  melaporkan,  pertemuan ini adalah pertemuan yang ke 3 kali ternyata di kecamatan cirebeum memiliki potensi yang luar biasa. Kabupaten Kuningan terdapat  174 daya tarik tempat wisata, dan  25 yang telah ditetapkan sebagai desa wisata. Oleh karena itu senin besok akan diskusi dengan sejumlah ahli tentang desa wisata. Sehingga  bisa merekrut orang-orang yang berprestasi  di tingkat nasional maupun tingkat internasional .

“Hari ini merupakan kebahagian bagi masyarakat Cimara khususnya dan masyarakat Cibeureum pada umumnya, karena hari ini  Bupati  akan memberikan simbolik . Semoga nanti 11 desa  yang  Bupati sampaikan anggarannya , ada 1 diantaranya adalah Cimara, karena melihat masyarakatnya  hebat  dan kompak. Dari mulai karang taruna, temen-teman buruh, kepala sekolah dan  yag lainnya yang selalu mensuport” Ujar nya

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan  berharap, dari sini  mudah mudahan  menjadi cikal bakal desa wisata bisa terwujud . jadi mohon bantuan untuk terus bersama- sama berkolaborasi dengan bidang pariwisata untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam yang ada di desa Cimara serta lakukan pelatihan seperti apa desa wisata .

“Kepala desa cimara yang luar biasa yang sudah membuat desa Cimara menjadi bagus, semangatnya yang sekarang bercita-cita menjadi desa wisata, diluar perkiraan juga ternyata banyak potensi untuk kelompok wisata. Terima kasih untuk masyarakat  kalau tidak didukung oleh masyarakat ini berat. Desa Cimara jika ingin menjadi desa wisata pertama siapkan mental untuk bisa menerima kunjungan siapapun, nanti disini akan menjadi pusat keramaian. Semua masyarakat pun harus siap untukmenyalurkan kenyamaan dan keamanan.  Serta kepada sipapun yang beraktifitas di desa cimara perlu diperhatikan, Jadi  perlu dukungan semuanya. Selamat bekerja dan tancapkan untuk mewujudkan bersama cita- cita desa cimara sebagai sebagian tempat wisata di Kabupaten Kuningan. “ pungkas Bupati

Acara ini dihadiri oleh ketua TP PKK, Bunda Literasi Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Dr H. Toto Toharudin,M.Pd , ketua Pokdarwis, Camat Cibeureum Drs. Pulung Sugandi, Kepala Desa Cimara, Anggota tim penggerak PKK desa cimara, Pini sepuh kesepuhan  dan masyarakat desa cimara. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

 

 

Share