Bupati Kuningan Beri Arahan Dalam Kegiatan Meningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa Se-Kabupaten Kuningan Tahun 2021

Kategori: 

KUNINGAN ,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. berikan arahan dalam kegiatan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa se-Kabupaten Kuningan Tahun 2021, di Aula Balai Desa Cimahi, Kecamatan Cimahi, Rabu (24/3/2021).

Dalam menyikapi pandemi covid-19 yang berdampak besar pada kondisi perekonomian dan kehidupan masyarakat, perlu adanya rencana yang terstruktur dan berkualitas bersendikan kearifan lokal yang dapat neningkatkan perekonomian.

Keberadaan Karang Taruna yang memiliki struktur kepengurusan dengan sumber daya manusia (SDM) yang berjumlah besar dan merupakan kelompok usia yang produktif dapat dijadikan Garda terdepan dalam upaya pencegahan dan pengendalian covid-19.

Adanya bonus demografi sampai tahun 2035 mendatang, menjadikan Indonesia memiliki sumber daya manusia yang berpotensi luar biasa. Keberadaan karang taruna menjadi salah satu persiapan dalam menyongsong bonus demografi 15 tahun ke depan. Dengan generasi muda sebagai anggota, karang taruna yang menjadi komponen dari pemerintah dapat menyukseskan pembangunan desa.

"Karang taruna identik dengan usia 21 sampai 65 tahun atau dapat dikatakan sebagai generasi pembangunan. Melalui karang taruna ini, mari manfaatkan ruang dan peluang dengan sebaik-baiknya."

Dalam upaya mengurangi dampak covid-19 khususnya dalam pembangunan desa, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan prioritas penggunaan dana desa untuk program percepatan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Kuningan dalam sambutannya.

"Program SDGs atau pembangunan berkelanjutan desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa yang tanggap dalam upaya percepatan tujuan pembangunan berkelanjutan." Ujar Bupati.

Dalam prosesnya, lanjut Bupati, penetapan penggunaan dana desa untuk mencapai SDGs harus dibahas dan disepakati melalui musyawarah desa yang melibatkan lembaga kemasyarakatan termasuk karang taruna.

Partisipasi dan sinergitas karang taruna sesuai dengan tugas dan fungsinya dapat dilakukan dalam setiap tahapan program, seperti terlibat aktif dalam penyusunan prioritas penggunaan dana desa dan ikut serta mensosialisasikan prioritas penggunaan dana desa.

"Kegiatan peningkatan kapasitas karang taruna desa ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pembangunan kelompok yang ada di Desa. Saya harap kegiatan ini dapat mendorong dan memotivasi teman-teman sekalian selaku karang taruna desa dalam mewujudkan SDGs Desa." Pungkas Bupati Kuningan. (bid/ikp/diskominfo)

 

Share