Bupati Kuningan Buka Kegiatan Sosialisasi Penyaluran BLT DBHCHT Bagi Petani, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau.

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH.,MH Resmi membuka  Kegiatan Sosialisasi Penyaluran BLT DBHCHT Bagi Petani, Buruh Tani Tembakau dan Masyarakat Pra Sejahtera Lainnya bertempat di Gedung Serbaguna Desa Karang Anyar Kec. Darma, Rabu (22/06/2022).

Dalam sambutannya Bupati Acep menyampaikan Tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Kuningan mendapatkan alokasi Dana Bagi hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 215/PMK.07/2021 Tentang Penggunaan, Pemantauan dan Evaluasi DBHCHT, penggunaan DBHCHT yang dialokasikan pada Bidang Kesejahteraan Masyarakat, Bidang Hukum dan Bidang Kesehatan.

Alokasi DBHCHT pada bidang kesejahteraan masyarakat salah satunya berupa pemberian bantuan langsung (BLT) bagi buruh Tani Tembakau dan Anggota Masyarakat Pra Sejahtera Lainnya yang ditetapkan pemerintah.

Lanjut Bupati Acep, kegiatan sosialisasi ini bertujuan sebagai publikasi bahwa penyaluran BLT DBHCHT ini berlangsung transparan sebab disalurkan secara tunai melalui Bank BJB Cabang Kuningan dan tepat sasaran karena data penerima manfaat telah tertuang dalam Keputusan Bupati Kuningan Nomor: 40/KPTS.408-Dinsos/2022 Tentang Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau Bagi Petani, Buruh Tani, Pengrajin Tembakau dan Masyarakat Prasejahtera lainnya di Kabupaten Kuningan.

Diterangkan Bupati Acep, bahwa BLT DBHCHT Tahun 2022 salah satunya di peruntukan bagi 300 Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau yang tersebar di 5 (Lima) Kecamatan dan 8 (Delapan) Desa di Wilayah Kabupaten Kuningan.

“ Disamping itu saya sampaikan pula bahwa BLT DBHCHT bagi Petani, Buruh Tani dan Pengrajin Tembakau tidak rutin setiap tahun ada, untuk itu saya selaku Bupati Kuningan berpesan kepada para penerima manfaat BLT DBHCHT Tahun 2022. Supaya bantuan tersebut dipergunakan secara optimal dan digunakan untuk pengembangan atau modal usaha sehingga bisa meningkatkan taraf hidup dan perekonomian keluarga” Pesan Bupati.

Dr. Deni Hamdani, M.Si., Kadinsos Kabupaten Kuningan melalui Kabid Linjamsos Dinas Sosial Kuningan, Diki Muspala Sidik, S.Pd, M.Si melaporkan bahwa yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau berjumlah 300 Peserta. Dengan maksud dan tujuan sebagai informasi dan bentuk transparansi mengenai BLT DBHCHT yang akan disalurkan langsung kepada 300 Peserta Penerima Manfaat tersebut melalui BJB Cabang Kuningan. 

Diki Muspala menambahkan, BLT DBHCHT bagi  Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau sejumlah 300 penerima manfaat, diharapkan dapat lebih meningkatkan usaha di sektor pertanian tembakau nya.

Sementara itu di terangkan Diki Muspala, panitia penyelenggara Kegiatan Sosialisasi Penyaluran BLT DBHCHT T bagi  Petani Tembakau, Buruh Tani Tembakau dan Pengrajin Tembakau adalah Bidang Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Kabupaten Kuningan. Dengan menghadirkan narasumber untuk kegiatan pembinaan perusahaan daerah ini terdiri dari Kejaksaan Negeri Kuningan, Bjb Cabang Kabupaten Kuningan dan Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. (Bid IKP/ Diskominfo)

 
Share