Bupati Kuningan Buka Konferkab PWI Pemilihan Ketua PWI Kabupaten Kuningan Masa Bakti 2020-2023

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH membuka Konferkab PWI Pemilihan Ketua PWI Kabupaten Kuningan Masa Bakti 2020-2023 dengan tema Tingkatkan Profesional Wartawan dan Solidaritas Anggota PWI Kabupaten Kuningan di Aula Bappeda Kuningan, Kamis (10/12/2020). Dalam rangka pemilihan Ketua masa bhakti 2020-2023 akan terpilih ketua baru yang akan membawa organisasi lebih maju serta dapat mengambil peran yang lebih optimal dalam pembangunan Kabupaten Kuningan, terutama dalam memberikan informasi yang cerdas, berisi dan mendidik dalam revolusi industri 4.0 di era milenial, karena dunia jurnalistik merupakan salah satu sarana diseminasi informasi, baik dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya di era transformasi media saat ini.

Sebagai organisasi kewartawanan pertama di indonesia, PWI harus menjadi pionir dan contoh bagi organisasi-organisasi kewartawanan lain dalam hal kompetensi, profesionalisme kewartawanan, serta dalam turut membangun dan mencerdaskan masyarakat secara umum, khususnya masyarakat kabupaten kuningan dengan karya jurnalistiknya.

Pada kesempatan ini Bupati mengajak seluruh PWI kabupaten kuningan, untuk memupuk kesadaran dan berkomitmen untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya Kabupaten Kuningan, sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan Indonesia.

“Sebelumnya PWI Kabupaten Kuningan telah sukses melaksanakan uji kompetensi wartawan, dimana kegiatan tersebut menjadi tahapan penting menjadi wartawan yang profesional. seperti kita ketahui bersama bahwa saat ini jumlah wartawan di Kabupaten Kuningan sangat banyak jumlahnya. oleh sebab itu, PWI harus menjadi wadah bagi insan pers yang kompeten, profesional, serta taat dan patuh pada kode etik jurnalistik sebagai pedomannya. sehingga, dalam menjalankan tugasnya akan dilindungi oleh undang-undang.” Ujar Bupati.

dalam kesempatan ini juga laporan Ketua Panitia Konfernsi Kabupaten Kuningan H. Wawan Hermawan. Jr mneyampaikan, bahwa konferensi PWI ke-9 tahun ini di selenggarakan berdasarkan Peraturan Dasar Bab 4 Pasal 19 , Bab 5 Pasal 25, dan Peraturan Rumah tangga Pemerintah Kabupaten Kuningan yaitu, menilai laporan pertanggung jawaban pengurus PWI Kabupten Kuningan Periode 2018-2020, menyusun program kerja PWI Kabupaten Kuningan masa bhakti 2020-2023, serta memilih ketua dan menyusun pengurus PWI Kabupten Kuningan masa bhakti 2020-2023.

“Kegiatan konferensi ini kegiatan rutin untuk dilaksankan karena,  kita konferensi di atur dalam DPIDPRD bahwa kepengurusan di Kabupaten Kota setiap 3 tahun harus 8 profesi dan pergantian ketua atau memperpanjang kepengurusan. ini adalah sejarah untuk Kabupaten Kuningan, setelah 3 tahun sekarang terpilih lagi pelaksanannya secara pemilihan,  kedepannya semoga bisa lebih profesional.”  Ujar Ketua Bidang Organisasi Muhammad  Syahfi Zaini.

dalam sambutannya juga Ketua PWI Kabupaten Kuningan Iyan Irwandi, S.Ip., meyampaikan, akan mempersiapkan program pada tahun 2021 serta mengucapan selamat  kepada calon Ketua PWI Kabupaten Kuningan tahun 2020-2023 yaitu Sukartanu, S.H. dan Nunung Khazanah, S.Ip . semoga dari salah satu yang terpilih bisa membawa Kuningan menjadi lebih baik.

ditengah situasi pandemi saat ini, pemerintah tentu tidak dapat secara paripurna menyampaikan informasi tentang covid-19. untuk itu diperlukan peran media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang seberapa besar dampak bahaya covid-19 bagi kesehatan dan bagaimana pencegahan serta penanggulangannya.

oleh karena itu Bupati berharap, kemitraan antara pemerintah Kabupaten Kuningan dan PWI yang sudah terjalin dengan baik dapat lebih ditingkatkan kembali demi terwujudnya Kabupaten Kuningan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

“dibawah kepengurusan yang akan datang, saya harap PWI Kabuptaen Kuningan lebih maju dalam menggerakan roda organisasi melalui berbagai program terutama peningkatan SDM wartawan, yang akan bermuara pada kontribusi pembangunan daerah melalui penyajian informasi yang berimbang, disertai kritik membangun dengan menawarkan solusi terbaik.” Pungkas Bupati.

Acara tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Kuningan, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan, Ketua PWI Provinsi Jawa Barat yang di wakili oleh Ketua Bidang Organisasi Muhammad  Syahfi Zaini, Ketua PWI Kabupaten Kuningan Iyan Irwandi, S.Ip , beserta Jajaran Pengurus dan Panitia Konferkab.(BID/IKP/DISKOMINFO)

 

 

 

Share