Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda Dilantik Menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kuningan

Kategori: 

Barisan pramuka tampak tegap berdiri menyambut kedatangan Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dede Yusuf Macan Efendi yang juga Ketua Kwarda Jawa Barat yang datang bersama Bupati Kuningan yang akan dilantik menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kuningan di Open Space Gallery, pada hari Sabtu (10/03/2012). Salam Pramuka membahana menyambut ucapan salam pramuka dari Wagub dan Bupati Kuningan. Meski cuaca pada hari itu mendung kelabu, tak membuat barisan pramuka itu kehilangan semangat. Dengan tertib para pramuka itu mengikuti upacara hingga selesai. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kuningan, H. Momon Rochmana, Ketua DPRD, H. Acep Puranama, Kasdim 0615 serta para undangan lainnya.

Acara dimulai dengan penampilan parade tongkat dari para penggalang dan pandega, parade tongkat tersebut sempat membuat para undangan tercengang melihatnya. Keterampilan para penggalang tersebut dalam melakukan tali-temali dan membuat pyramid serta pembuatan tenda, mereka lakukan dalam hitungan menit saja. Bahkan uplaus dari para undangan, tak terkecuali Ketua Kwarda Jabar pun tak ketinggalan memberikan uplaus yang menggema di Open Space Galerry.  
Setelah penampilan tersebut, acara dilanjutkan dengan pelantikan H. Aang Hamid Suganda menjadi Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kuningan oleh Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jawa Barat, H. Dede Yusuf Macan Efendi.
Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda seusai dilantik menjadi Ketua Kwarcab mengatakan, pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga Negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat. “ Gerakan Pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda sehingga mempunyai pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan,” papar Aang.
Dalam sambutannya Ketua Kwarda Jabar, menyatakan apresiasi kepada Kabupaten Kuningan karena banyak mendukung kegiatan kepemudaan, terutama Pramuka. “ Salut bagi Kuningan, yang sudah memiliki Kampung Pramuka.  Tidak banyak daerah setingkat Kabupaten di Indonesia yang memiliki fasilitas demikian,” menurut Dede Yusuf.
Kedepan kegiatan kepramukaan saya harapkan dapat terus berjalan dengan baik, karena pramuka sangat mendidik generasi muda untuk dapat hidup disiplin dan mempunyai jiwa mandiri. Generasi muda saat ini jika tidak kita bentengi dengan kegiatan-kegiatan yang fositif akan mudah ditelan jaman, di era globalisasi setiap budaya yang masuk dapat dengan mudah mereka tangkap tanpa adanya filter. Oleh karena itu kegiatan pramuka seperti ini dapat merupakan filter untuk budaya-budaya yang masuk secara cepat baik melalui internet dan sebagainya. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

 
Share