Bupati Kuningan Hadiri Syukuran dan Penambakan Dawuan Sungai Cisanggarung

Kategori: 
Syukuran dan Penambakan Dawuan Sungai Cisanggarung

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda menghadiri acara tradisi syukuran dan penambakan Dawuan Sungai Cisanggarung di Desa Mekarsari Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan pada Kamis, 30 Juli 2015, hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Mineral, H. Amiruddin, S.Sos, M.Si , Muspika Kecamatan Maleber serta masyarakat desa Mekarsari yang sedang bergotong yorong.
 

Kepala Desa Mekarsari, Carbu Surya dalam sambutannya sangat bersyukur dengan digelarnya acara tersebut karena setelah tujuh tahun tidak digelar kembali digelar pada tahun ini. ” saya juga sangat bangga karena kehadiran Ibu Bupati yang memberikan semangat kepada masyarakat Desa Makarsari untuk terus giat bergotong royong membangun desa”.
 

Sementara itu Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya sangat mengapresiasi kepada seluruh komponen mayarakat yang telah melaksanakan tardisi/budaya penambakan dawuan sungai Cisanggarung “ hal ini merupakan salah satu nilai-nilai kearifan lokal yang perlu kita pertahankan ditengah-tengah degradasi kesadaran partisipasi masyarakat yang semakin memperhatinkan.”
 

Bupati juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Kuningan dalam rangka percepatan swasembada pangan dan sangat erat kaitannya dengan penyediaan dan pengingkatan infrasrtuktur sumber daya air dan irigasi dalam mendukung keberhasilan sektor pertanian” untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuningan terus berupaya menggali sumber daya yang dapat dimanfaatkan dalam rangka pencapaian usaha dimaksud dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasioanal dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani, maka infrastruktur irigasi merupakan salah satu prasarana yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam menunjang keberhasilan sektor pertanian sehingga pengelolaan irigasi perlu didukung oleh semua pihak terkait dalam rangka optimalisasi pelayanannya”
 

Hj. Utje Ch Suganda menungkapkan bahwa untuk pembangunan fisik prasarana sumber daya air khususnya di Desa Mekarsari pada tahun 2015 telah dilakukan kegiatan rahbilitasi jaringan irigasi untuk daerah irigasi Cisrigading dan sekitarnya yang dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung. ( Sumber : YHN, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Syukuran dan Penambakan Dawuan Sungai Cisanggarung
Syukuran dan Penambakan Dawuan Sungai Cisanggarung
Share