Bupati Kuningan Hadiri Undangan Kunjungan DPS APDESI Provinsi Jawa Barat

Kategori: 
Bupati Kuningan Hadiri Undangan Kunjungan DPS APDESI Provinsi Jawa Barat

Kuningan, (IKP) .- Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH., MH., hadiri Undangan Kunjungan DPD APDESI Provinsi Jawa Barat dalam Kegiatan “Saba Desa Ngurus Lembur Nata Desa” yang dihadiri oleh wakil gubernur jawa barat di Kantor DPC APDESI Kab. Kuningan, Jl. Moh Yamin Desa Kedungarum, Sabtu, (05/12/2020).

Kuningan merupakan kabupaten yang mempunyai posisi yang strategis sebagai etalase Provinsi Jawa Barat yang tentunya banyak desa yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah. Sudah selayaknya Kuningan mendapat perhatian yang lebih baik dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat, terlebih lagi Kabupaten Kuningan menjadi penggagas dibentuknya badan kerjasama antar daerah yang dibingkai dalam kunci bersama.

Untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera, harus tercipta sinergi Kepala Desa dengan Lembaga Desa (BPD) sebagai dua komponen utama dalam penyelenggaraan pemerintahan. Begitupun dengan kapasitas sumberdaya manusia yang mumpuni. Sesuai dengan visi Kabupaten Kuningan yaitu kuningan maju (Makmur, Agamis, dan Pinunjul) berbasis desa tahun 2023. dimana untuk meujudkan visi tersebut kabupaten kuningan memiliki program unggulan yaitu 100 desa pinunjul dan 25 desa wisata.

dilandasi oleh ketentuan Pasal 26 Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa yang menyatakan bahwa kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahannya harus melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang akuntabel, transparan, profesional, efektif dan efisien, bersih, serta bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik langsung ataupun tidak langsung terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang.

“Satu kebangaan bagi kami, satu-satunya jawaban yang representatif adalah kabupaten Kuningan. Mudah-mudahan menjadi dorongan kepada DPC di kabupaten yang ada di jawa barat. Kami harap dengan kegiatan ini dapat terjalin silaturahmi, selalu koordinasi mengenai permasalahan yang ada di desa, kecamatan, atau desa masing-masing. Jangan sampai ada miskomunikasi antara DPK, DPC dan DPD.” Ujar Ketua DPD Apdesi Jawa Barat, Dede Kusdinar.

Dalam Kesempatan ini Bupati menyampaikan, DPC APDESI Kabupaten Kuningan telah menyelenggarakan bimbingan teknis kepada para kepala desa dan ketua BPD se-Kabupaten Kuningan yang merupakan salah satu upaya nyata untuk menciptakan penyelenggaraan pemerintahan desa yang semakin baik di masa yang akan datang.

“BKAD adalah kunci bersama yang merupakan wadah kerjasama gabungan dari beberapa kabupaten/kota di jawa barat dan jawa tengah meliputi kabupaten kuningan, kota dan kabupaten cirebon, kabupaten ciamis, cilacap, brebes, kota banjar, kabupaten majalengka dan pangandaran” Ujar Bupati

Tahun 2020 merupakan tahun ke-6 implementasi undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. dari beberapa catatan lompatan kemajuan yang secara nyata dapat di rasakan bersama adalah meningkatnya infrastruktur perdesaan secara signifikan, kemudian diikuti dengan tumbuh dan berkembangnya potensi desa terutama munculnya beberapa desa wisata serta mulai tumbuh cikal bakal badan usaha milik desa.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Barat Kyai H. Uu Ruzhanul Ulum, SE., penumpukan masyarakat Jawa Barat yang tinggal di kota erbahaya karena dapat menjadi masalah sosial, penyakit masyarakat, persaingan semakin ketat, bahkan kebutuhan dasar masyarakat yang ada di kota meningkat. oleh karena itu, Gubernur berusaha menata desa dengan program desa juara.

"Desa juara berfungsi untuk memenuhi sarana dan prasarana sehingga lahirlah desa digital, satu desa satu produk, patriot desa, dan termasuk di dalamnya gerbang desa. Gerbang desa memanfaatkan SDA dan SDM dengan cara swadaya. saat ini 54% masyarakat jawa barat tinggal di pekrotaan. Jika pemerintah tidak melakukan gerakan2 untuk program yang telah dibuat dan membiarkan suatu desa tertinggal, masyarakat yang tinggal di kota akan menumpuk"

Acara tersebut di hadiri oleh wakil gubernur jawa barat Kyai H. Uu Ruzhanul Ulum, SE., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Kuningan, Ketua DPD APDESI Jawa Barat, Ketua DPC APDESI Kabupaten Kuningan beserta seluruh pengurus, Ketua DPK APDESI se-Kabupaten Kuningan beserta pengurus, dan para Kepala Desa.

Share