Bupati Kuningan Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. Ikuti Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kuningan, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya dan dihadiri oleh segenap unsur Forkopimda Kuningan, Pejabat TNI, Polri, Tenaga Kesehatan, BPBD, Dishub, Satpol PP, Damkar dan Instansi terkait lainnya, di Jalan Siliwangi Tamkot Kuningan, Rabu (12/5/2021).

Kapolres Kuningan dalam amanatnya menyampaikan, dalam rangka mengantisipasi terkait dengan adanya Potensi Gangguan (PG), Ambang Gangguan (AG), maupun Gangguan Nyata (GN) pada kegiatan pengamanan perayaan malam takbiran Idul Fitri 1442 H Polres Kuningan telah menetapkan target agar terwujudnya situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Kami telah menetapkan target pengamanan yang harus dicapai, seperti dapat tersosialisasi kebijakan Pemerintah terkait larangan mudik, peniadaan takbir keliling dan panduan shalat Idul Fitri 1442 H serta tercapainya kesadaran pola pemahaman masyarakat tentang himbauan Kamtibmas yang disampaikan oleh petugas keamanan dan himbauan penanganan covid-19 yang disampaikan oleh petugas satgas penaganan covid-19,” ungkapnya.

Lanjutan, menurut beliau, target terbangunnya kesiap-siagaan sistem koordinasi dan kerjasama yang komprehensif melalui sinergi polisional dengan instansi terkait dan segenap komponen masyarakat, adalah salah satu cara untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat serta penanganan dan pengendalian covid-19.

“Seluruh personal jajaran Polres Kuningan, agar dengan mengoptimalkan peran fungsi inteluen dan Babinkamtibmas untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat sehingga dapat diantisipasi sedini mungkin dan mampu merespon secara cepat, tepat, cermat dan akurat terhadap segala bentuk permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, serta dapat pelihara kondisi fisik dan mental saudara untuk dapat senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat kapanpun,” tegas Kapolres Kuningan.

Kemudian, tujuan kesiapan pengaman yang akan laksanakan beberapa jam kedepan, Kapolres Kuningan menyebutkan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat serta tercapainya sinergitas pola pengamanan yang komprehensif yang dilandasi dengan sikap saling memahami peran dan tugas masing-masing.

“Dimohon kepada seluruh komponen stakeholder yang dilibatkan pengamanan dapat menyamakan persepsi terkait dengan pemahaman kebijakan Pemerintah terkait kegiatan malam takbiran,” tambahnya.

Ia juga menegaskan bahwa, pada prinsipnya kegiatan takbiran di Masjid dan Mushala dapat diselenggarakan dengan ketentuan dilaksanakan secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas Masjid dan Mushala dengan memperhatikan standar protokol kesehatan, dan untuk kegiatan takbir keliling ditiadakan karena mengantisipasi terjadinya keramaian yang menimbulkan klaster-klaster covid-19 baru.

Kemudian lanjutnya, mengenai Shalat Idul Fitri 1442 H yang dilaksanakan diMasjid kapasitasnya tidak melebihi 50 persen dari kapasitas Masjid, Khutbah dilakukan secara singkat dengan memperhatikan rukun Khutbah paling lama 20 menit, serta hindari berjabat tangan setelah melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 H.

“Tetap memperhatikan standar protokol kesehatan secara ketat, seperti melakukan pengecekan suhu badan, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak antar shaf,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kapolres Kuningan mengucapkan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas rangkaian kegiatan pengamanan Idul Fitri 1442 H.

“Semoga pengabdian yang saudara lakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan akan menjadi catatan amal ibadah kita semua dan tidak lupa pada kesempatan yang berbahagia ini kepada seluruh personIl polres kuningan dan seluruh personil instansi terkait dan komponen masyarakat beserta keluarga, saya mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1442 H mohon maaf lahir dan batin semoga momen hari raya idul fitri 1442 h dapat menumbuhkan dan memantapkan rasa solidaritas kita untuk terus membangun dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Kuningan yang kita cintai,” pungkasnya. (BID/IKP/DISKOMINFO) 

 

Share