Bupati Kuningan Memberikan Arahan Dalam Uji Kompetensi dan Wawancara Calon Pimpinan Baznas

Kategori: 

Bupati Kuningan Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. membuka acara sekaligus Memberikan Arahan Kegiatan Uji Kompetensi dan Wawancara dalam rangka Seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Periode 2020 – 2025 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Linggajati Setda Kabupaten Kuningan, Jum’at (04/12/2020). Pemilihan Pimpinan Baznas baik di tingkat Nasional, Povinsi maupun Kabupaten/Kota dilaksanakan melalui seleksi serta tahapan-tahapan sebagaimana yang tercantum dalam peraturan badan amil zakat nasional Republik Indonesia (Perbaznas RI) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Cara pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Badan Amil zakat Nasional Provinsi dan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten/Kota.

Bupati Kuningan Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH menyampaikan, bahwa baznas bersama pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas.

“Baznas merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui menteri agama di Tingkat Nasional, kepada Gubernur di Tingkat Provinsi dan kepada Bupati Kuningan/WaliKota di tingkat Kabupaten/Kota.” Ujar Bupati Kuningan Kuningan.

Badan Amil zakat Nasional (Baznas) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh Pemerintah berdasarkan keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS). Lahirnya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat semakin Mengukuhkan Peran baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

“Bagi saudara-saudara yang saat ini akan mengikuti tes kompetensi berarti telah lolos verifikasi administrasi. dan mulai hari ini hingga satu hari kedepan saudara-saudara akan diuji kemampuan serta pengetahuan baik secara tertulis maupun wawancara. untuk itu saya berharap agar saudara-saudara dapat mengikutinya dengan sungguh-sungguh dan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin.” Ujarnya

Bupati Kuningan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tim pansel Baznas Kabupaten Kuningan yang telah bekerja dengan baik sesuai tahapan serta aturan yang ada, tentunya semua itu dilakukan demi mengharapkan hasil yang maksimal. dengan tetap memperhatikan setiap protokol kesehatan.

“Tapi, sebagai kepala daerah tentunya saya mendo’akan yang terbaik untuk semuanya, semoga yang ikut tes kompetensi ini dapat lolos semua dengan hasil yang memuaskan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangkan oleh baznas pusat. dan saya ucapkan selamat mengikuti tes dan selamat berkompetisi kepada para peserta, semoga diberikan kelancaran, kemudahan dan mendapatkan hasil yang maksimal” Pungkasnya

Acara tersebut di hadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Ketua MUI Kabupaten Kuningan, Panitia Seleksi Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Kuningan, Peserta Tes Kompetensi Calon Pimpinan Baznas Kabupaten Kuningan diantaranya Abdul Aziz Amarullah, Yusron Kholid, Yayan Sofyan, Ohan Jaoharuzzaman, Dede Yudi Iskandar, Muhammad Oding Sajidin, Uci Sanusi, Encu Sukat Wiryasaputra, Aang Asy'ari, Ma'rup, dan Dedeh Asih.(BID/IKP/DISKOMINFO) 

Share