Bupati Kuningan Membuka kegiatan Bimtek Ujian Sekolah Pendidikan Kesetaraan

Kategori: 

kuningan ,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. membuka kegiatan Bintek Ujian Sekolah Pendidikan Kesetaraan di De Jehan’s Hotel Jl. Raya Sangkanurip, Jum’at (11/12/2020). Bimtek kegiatan tersebut merupakan wahana menyamakan pemahaman tentang makna ujian sekolah, lebih jauh sebagai proses penyiapan sumber daya manusia sampai kepada penyiapan alat ukur yang lain sebagai instrumen ujian sekolah.  Dengan berjumlah 56 Peserta.

Penyelenggaraan pendidikan kesetaraan yang merupakan bagian dari program satuan pendidikan di indonesia mempunyai tanggung jawab dan kewajiban yang sama dalam rangka menyelenggarakan ujian sekolah bagi peserta didiknya yang akan berakhir dari semua jenjang.

dalam kesempatan ini bupati kuningan menyampaikan ujian sekolah adalah instrumen tolak ukur penilaian akhir yang dikumulatifkan dengan proses pembelajaran selama peserta didik menjadi siswa. satuan pendidikan memiliki tugas menyiapkan perangkat sebagai alat atau instrumen ujian sekolah tersebut.

Dalam kesempatan ini Ketua Panitia Bimbingan Teknis US Tingkat Satuan Pendidikan Iwan Gunawan, S.IP menyampaikakan tujuan Bimbingan teknis ini dilaksanakan untuk memfasilitasi tutor dalam merencanakan, membuat, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar, tutor dalam menganalisis dan menyusun laporan, termasuk memanfaatkan hasil penilaian dan mengisi rapor, tutor dalam menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM, penyelenggara dan penilik dalam menyusun program dan melaksanakan supervisi akademik bidang penilaian, orang tua dalam memahami sistem dan mekanisme penilaian serta laporan hasil belajar peserta didik.

“Dengan Bimbingan Teknis Penyelenggan Ujian Tingkat Satuan Pendidikan Kesetaraan Tahun 2020 Kita Jadikan Ajang Silaturahmi Menuju Generasi Cerdas, Jujur, Mandiri Dan Kaya Kreasi Untuk Kuningan MAJU.” Ujar Ketua Panitia Bimbingan Teknis US Tingkat Satuan Pendidikan Iwan Gunawan, S.IP

Peserta Bimtek US Satuan Pendidikan Kesetaraan Tahun 2020 dengan rincian Kabupaten Kuningan 36 Orang, Kabupaten Cirebon 10 Orang, Kota Cirebon 5 Orang, Kabupaten Cirebon 5 Orang.

Data Peserta Didik berdasarkan input Dapodik per 30 Nopember 2020 sebanyak 8.290 Orang terdiri dari Laki-Laki 5.044 Orang dan Perempuan 3.246 Orang. Dengan data Peserta Didik Paket A meliputi :

Usia 6 – 12 :19 orang

Usia 12 – 21 : 11 Orang

Usia 21 Ke atas : 9 Orang

Data Peserta Didik Paket B meliputi :

Usia 12 – 15 :930 Orang

Usia 15 – 21 : 650 Orang

Usia 21 Keatas : 1.255 Orang

Data Peserta Didik Paket C meliputi :

Usia 15 – 17 : 789 Orang

Usia 17 – 21 : 1.666 Orang

Usia 21 Keatas : 2.758 Orang

“Hal ini tentunya sangat mendukung sekali untuk mewujudkan kuningan sebagai kota pendidikan utamanya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Guna terwujudnya Kuningan MAJU, Sedangkan Data Anak Tidak Sekolah (ATS) Usia sd 21 Tahun sebanyak 21.954 Orang (Data dari direktorat PAUD DIKMAS Kemdibud tahun 2015).” Ujarnya.

Untuk Tutor yang ada di PKBM Se Kab Kuningan sebanyak 354 Orang dengan rincian 218 Laki-Laki dan 136 Perempuan Untuk PKBM dari 51 yang ada 22 PKBM sudah terakreditasi, 15 PKBM yang siap proses akreditasi tahun 2020. hal ini menujukan keseriuasan kami untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam rangka melayani peserta didik, dengan jenis kegiatan Workshop Materi Pembelajaran serta Pleno.

Bupati juga berpesan kepada seluruh peserta bintek, untuk mengikuti dengan tertib, disiplin dan semangat seluruh kegiatan bintek ujian sekolah pendidikan kesetaraan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun, serta ikuti semua materi yang  berguna sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan bisa diimplementasikan.

Acara tersebut di hadiri Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab.Kuningan, Kabid PAUD Dikmas Disdikbud Kuningan Elon Carlan, M.Pd , Narasumber, Ketua dan Jajaran Pengurus Forum PKBM Kabupaten Kuningan, Ketua Panitia Bimbingan Teknis US Tingkat Satuan Pendidikan Iwan Gunawan, S.IP , dan Peserta Bintek. (bid/ikp/diskominfo)

Share