Bupati Kuningan Menggugah Semangat 16 Atlit Yang Akan Bertanding Di PON XX Papua 2021

Kategori: 
Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH selaku manager Tim Pelatda atletik Jawa Barat, menggugah semangat 16 Atlet yang akan berlaga di PON XX Papua 2021.
 
Hal itu dilakukan pada saat Try in Pelatda Atletik Jabar dalam Rangka untuk aklimatisasi Cuaca menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang bertempat di Pangandaran, Jumat (03/09/2021). 
 
Aklimatisasi di pangandaran tersebut dilakukan agar performa para atlit terjaga karena suhunya mendekati dan setidaknya ketika para atlet bertanding disana sudah beradaptasi dengan suhu lokasi setempat. Info terakhir di Kabupaten Jayapura suhunya berkisar 32-37 derajat (celcius).
 
Pada kesempatan itu, Bupati Acep mengucapkan selamat dan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh atlet yang telah terpilih mewakili Kabupaten Kuningan dan bergabung dalam Kontingen Jabar dalam ajang Olahraga multi event tingkat Nasional Utama di Indonesia yang dilaksanakan setiap empat tahun sekali ini.
 
“Sudah sepatutnya kita semua merasa bangga atas keberhasilan putra-putri terbaik yang dimiliki oleh masyarakat Kuningan Khususnya Jawa Barat di bidang olah raga prestasi ini,” ujar Acep
 
Disamping itu, peran olahraga kaitannya sebagai sebuah mesin nation and character building telah teruji karena olahraga memiliki fungsi membangun spirit kebangsaan. Olahraga dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa, membentuk karakter individu dan kolektif serta memiliki potensi mendinamisasikan sektor-sektor pembangunan yang lain. 
 
“Oleh karena itu, adalah menjadi tugas kita bersama untuk memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap kemajuan prestasi olahraga kita,” pinta Bupati
 
Lebih jauh, Ia juga berkeyakinan bahwa dalam menghadapi event ini para pelatih sudah mempersiapkan anak didiknya secara matang dalam semua aspek untuk meraih prestasi melalui pelatihan jangka panjang yang sistematis dan terencana. 
 
"Ada 4 faktor yg akan mempengaruhi keberhasilan di samping fisik, teknik, mental, dan taktik. Kita ingin satu team work yang baik dan saya sebagai manajer harus satu kesatuan bersama mereka, bagaimana ingin memberikan yg terbaik, menyumbangkan semaksimal medali untuk jabar juara karena 50 juta orang warga jabar berharap subangsih yang terbaik untuk jabar dari adik-adik kita ini" tutur Bupati Acep.
 
Untuk itu, kepada para Atlet Bupati Acep menekankan agar terus menggelorakan fighting spirit (semangat juang) sebelum memasuki laga selama pelaksanaan PON XX Papua, sebagaimana semangatnya para pahlawan  olahraga sebelumnya yang terkenal dengan semangat yang pantang menyerah. 
 
“Apakah kalian siap untuk meraih prestasi untuk Kuningan dan Jabar Juara?,” Tanya Bupati Acep, kemudian dijawab oleh para atlet “Jawa Barat Juara, Kudu Meunang” dengan semangat yang tinggi dari para atlet.
 
Bupati Acep berharap hal tersebut akan menjadi kenyataan dan kegiatan atlet ini dapat memberikan dorongan motivasi untuk meningkatkan daya saing daerah di bidang olahraga dalam rangka mewujudkan Kuningan Maju. 
 
“Kepada para Manajer atau Pelatih Tim, official dan unsur terkait agar tetap menjaga sportivitas, kekompakan rasa kebersamaan, rasa persatuan dan kesatuan serta senantiasa memberikan dorongan semangat kepada para atlet kita,” imbuh Acep.
 
Salah satu pelatih atletik kang nanang, mengutarakan bahwa dari 16 atlet tersebut, meliputi enam cabang olahraga (Cabor) yaitu Atletik, Tinju, Wushu, Sepakbola, Pabersi (angkat berat) dan Renang loncat indah. Untuk   Cabor Atletik mengirimkan tujuh atlet yakni Alif M Baskar (loncat galah), Ika Puspa Dewi (loncat jangkit dan loncat tinggi), Eki Febri Ekawati (tolak peluru dan lempar cakram), Tresna Puspita Gusti Ayu (lempar cakram dan lontar martil), Ulfa Silfiana ( 200, 400 dan 4 x 400 m), Umar Wira (lari 4x 400 m) dan Fahri lontar martil.
 
Sedangkan di Cabor Tinju diwakili Walmer Pasiale dan Ajeng Syifa Silvia. Cabor Wushu diwakili Mutia Azela di kelas Toya, Cabor Renang loncat indah diwakili Aryanto Saputra, Cabor angkat berat ada empat atlet yakni Fitri Martiningsih kelas 84+ kg, Susi Susanti kelas 52 kg, Maria Magdalena kelas 84 kg dan Asep Nurdin kelas 120 kg.
 
Dua Atlet dari Kuningan juga ada yang memperkuat tim Sepakbola Jabar yakni Rio Hardianto dan Supriatna. “Jadi, total seluruhnya enam Cabor 16 atlet.  Mudah mudahan mereka bisa berprestasi dan membawa harum nama Kuningan di tingkat nasional” ungkapnya. (Bid/Ikp/Diskominfo)
Share