Bupati Kuningan Resmikan IPA Surakatiga

Peresmian IPA Surakatiga

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA)  Surakatiga pada Senin (07/09/2015) di IPA Surakatiga Winduhaji Kuningan, hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kuningan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Para Kepala SKPD, Para Kepala Bagian, dan para undangan lainnya.
 

Instalasi Pengolahan Air (IPA) Surakatiga merupakan Instalasi Pengolahan Air yang memamfaatkan air dari bendung Surakatiga sebesar 50 Liter/detik, proses pembangunan instalasi serta jaringan transmisi dan distribusi dilakukan kurang lebih selama 3 (tiga) tahun anggaran 2012, 2013 dan 2014, untuk pembangunan di hulu mulai Intake, IPA sampai Transmisi dilaksanakan oleh APBN, pembangunan jaringan distribusi utama dilaksanakan  oleh APBD Provinsi dan APBD Kabupaten dan PDAM menyediakan lahan dan perijinan.
 

“ Salah satu yang mungkin mendapat perhatian dari kita semua adalah terkait masalah sumber mata air terutama pada musim kemarau. Perlu kita maklumi bersama bahwa instalasi ini memanfaatkan sumber daya dari sungai, sehingga untuk memenuhi kebutuhan produksinya akan sangat tergantung pada ketersediaan air dari aliran sungai Cisanggarung,” kata Direktur PDAM Kuningan, Deni Erlanda, SE., M,Si.
 

Deni Erlanda juga melaporkan bahwa pada tahun anggaran 2015 melalui dana dari APBD Provinsi Jawa Barat PDAM Kuningan sedang melaksanakan pengembangan pipa retikulasi serta sedang mengupayakan pemasangan sambungan rumah pada 7 (tujuh) Desa di Kabupaten Kuningan Timur Bagian Selatan yang meliputi Desa Cikananga, Langseb, Cinagara, Cineumbeuy, Mancagar, Lebakwangi dan Cipetir.
 

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda dalam sambutannya menjelaskan bahwa pembangunan IPA Surakatiga merupakan bukti dari upaya perjuangan PDAM “ Alhamdullilah melalui proses negosiasi yang panjang dan melelahkan serta proses pembangunan yang ditempuh secara berkelanjutan dalam kurun 3 tahun dengan program “Multi Years” akhirnya dapat kita saksikan sendiri saat ini bangunan IPA itu berdiri megah dihadapan kita dan sudah siap dimanfaatkan”
 

Hj. Utje Ch Suganda menyampaikan bahwa Instalasi Pengolahan Air Surakatiga dibangun untuk mengolah air baku sebesar 50 liter/detik dengan mengambil sumber air dari bendung Surakatiga dengan perkiraan mampu melayani kurang lebih 5000 sambungan rumah yang diprioritaskan untuk melayani masyarakat Kuningan Timur Bagian Selatan baik itu pada wilayah yang sudah terpasang jaringan pelayanan PDAM maupun wilayah yang saat ini sedang dan akan dibangun jaringan distribusinya.
 

“ Dengan terbangunnya IPA Surakatiga ini, mudah-mudahan apa yang menjadi harapan PDAM untuk menambah sambungan layanan dan peningkatan cakupan layanan dapat terwujud sesuai target yang tentunya akan berdampak pula terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kuningan,” kata Bupati Kuningan. ( Sumber : YTS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Peresmian IPA Surakatiga
Share