Bupati Kuningan Terima Langsung M-Pustika Dari Kementerian Kominfo RI

Dalam upaya terwujudnya pemerataan informasi publik ke sejumlah daerah khususnya daerah terpencil di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, kembali memberikan bantuan kendaraan operasional roda empat berupa Mobil Pusat Teknologi Informasi Komunitas (M-Pustika) Tahun Anggran 2015, kepada 10 Kabupaten/Kota di Indonesia, yang diserahkan secara langsung oleh Sekjen Kementrian Kominfo, Dr. Suprawoto, SH., M.Si, Senin, (18/01/2016) di Ruang Rapat Maladi Ditjen IKP Kemkominfo. Kesepuluh kabupaten/kota yang menerima M-Pustika tersebut yakni, Kabupaten Kuningan Prov. Jawa Barat, Kab. Pringsewu Prov. Lampung, Kab. Sumba Timur Prov. NTT, Kab. Rote Ndao Prov. NTT, Kab. Kep. Talaud Prov. Sulut, Kota Banda Aceh Prov. Aceh, Kab.Tambraw Prov. Papua Barat, Kab. Keerom Prov. Papua, Kab. Gorontalo Utara Prov. Gorontalo dan Kab. Bangka Tengah Prov.Bangka Belitung.
 

Untuk Kabupaten Kuningan, penyerahan M-Pustika diterima langsung Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos., M.AP didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Setda beserta jajaran Diskominfo Kab. Kuningan. Kabupaten Kuningan, merupakan satu-satunya Kabupaten se-Jawa-Bali yang menerima bantuan M-Pustika pada tahun 2016.
 

Sekjen Kemenkominfo RI, Dr. Suprawoto, SH., M.Si dalam sambutannya mengatakan, M-Pustika merupakan kendaraan roda empat yang difasilitasi dengan berbagai sarana deseminasi infromasi, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan informasi dan komunikasi publik sehingga terciptanya simpul-simpul sistem komunikasi dan informasi nasional.
 

“ Sebagaimana instruksi Presiden RI Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, kepada seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo dalam hal deseminasi Informasi. maka M-Pustika diharapkan dapat menjadi media informasi publik agar terwujudnya informasi nasional yang kami sebut sebagai Narasi Tunggal,” kata Suprawoto.
 

Masih menurut Suprawoto, pengadaan M-Pustika untuk TA. 2015 dirasa lebih baik dibandingkan dengan M-Pustika sebelumnya.
 

“ Selain dari segi spesifikasi dan bentuk kendaraan, M-Pustika tahun ini juga dilengkapi dengan sejumlah peralatan yang lebih lengkap dan canggih. Untuk itu, M-Pustika agar dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dirawat dengan sebaik-baiknya,” pungkas Suprawoto.
 

Sementara itu, Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos., M.AP, pada apel pagi di halaman Setda Kuningan, Selasa (19/01/2016) mengatakan, Kuningan merupakan salah satu kabupaten yang beruntung diantara 9 kabupaten/kota lainnya yang mendapatkan kendaraan M-Pustika. Karena Kabupaten Kuningan merupakan satu-satunya kabupaten di Jawa Barat bahkan di pulau Jawa-Bali yang dipercaya Kementrian Kominfo untuk mendapatkan M-Pustika.
 

“ Alhamdulillah, berkat kerja sama kita semua, khususnya kerja keras jajaran Diskominfo, Kabupaten Kuningan mendapatkan bantuan M-Pustika untuk kegiatan penyebarluasan informasi kepada publik. Untuk itu M-Pustika harus dimanfaatkan secara optimal sebagimana peruntukannya dalam hal menyampaikan informasi,” kata Utje.
 

Selanjutnya Bupati Kuningan menyampaikan, agar seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk berkoordinasi dengan Diskominfo dalam hal penyebarluasan informasi dari berbagai program kegiatan seperti, informasi kesehatan, pendidikan, bencana alam, dll melalui media M-Pustika.
 

“ M-Pustika dilengkapi dengan berbagai peralatan yang canggih, pemanfaatannya yaitu untuk penyebarluasan informasi, maka dari itu setiap SKPD diharapkan berkoordinasi dengan Diskominfo untuk mensosialisasikan berbagai informasi kepada masyarakat khususnya yang berada di daerah yang sulit mendapatkan akses informasi,” kata Bupati.
 

Usai memimpin Apel, Bupati Kuningan secara simbolis menyerahkan kendaraan M-Pustika kepada Kepala Diskominfo Kab. Kuningan, Drs. H. Nurahim, M.Si dihadapan seluruh peserta apel pagi dan sejumlah pejabat di lingkungan Setda Kuningan. ( Sumber : MC Kuningan/Yudi).

Share