Bupati Kuningan Tinjau Langsung Produk Unggulan Desa Pinunjul Di Desa Sukamulya

Kategori: 

Dalam rangka upaya percepatan pembangunan berbasis desa di Kabupaten Kuningan, telah ditetapkan 100 desa sebagai desa pinunjul. Salah satunya adalah Desa Sukamulya Kecamatan Garawangi.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. meninjau langsung Produk Unggulan Desa Pinunjul di Desa Sukamulya, Kecamatan Garawangi, Rabu (24/3/21).

Kunjungan Bupati Kuningan disambut baik oleh pemerintah Desa Sukamulya. Didampingi kepala Desa, Bupati Kuningan melihat pabrik bawang yang ada di Sukamulya, yaitu Pabrik Bawang Anugerah.

Desa Sukamulya adalah desa pinunjul di bidang Hortikultura dengan komoditi bawang merah diolah menjadi bawang goreng. Selain bawang merah, produk unggulan lainnya yang menonjol adalah jahe merah.

Dalam laporannya, Kepala Desa Sukamulya menyampaikan Sukamulya memiliki 4 pabrik dan saat ini sudah bisa menyerap tenaga kerja sampai 70%.

Terkait pembangunan desa, ia menyampaikan progres pembangunan masjid di Desa Sukamulya yang telah mencapai 60%. Menurutnya, proses yang cepat tak luput dari bantuan maayarakat baik berupa materil maupun non-materil.

Kepala Desa Sukamulya juga menambahkan, saat ini sedang ada pembangunan jalan. Menurutnya, pembangunan jalan yang menjadi akses para petani tersebut telah mencapai 20%.

"Karena banyak akses jalan bagi petani yang licin. Di desa kami sedang ada pembangunan jalan. Saya mohon bantuannya kepada Pak Bupati agar pembangunan jalan dapat dilaksanakan dengan baik." Ujarnya.

Dengan ditetapkannya desa Sukamulya sebagai desa Pinunjul, pada kesempatan ini Bupati Kuningan meminta agar Dinas Koperasi, UKM Perdagangan dan Perindustrian agar dapat memberikan pembinaan terkait hal yang diperlukan.

"Menjadi desa pinunjul merupakan prestasi, karena dari 361 Desa di Kabupaten Kuningan, hanya terpilih 100 Desa pinunjul. Saya ingin ke depannya Dinas dapat bersinergi dengan Desa Sukamulya dan Desa pinjunjul lainnya sehingga tercipta suatu kerjasama yang harmonis." Ujar Bupati Kuningan.

Ia menambahkan, selain karena memiliki potensi, penetapan desa pinunjul juga berkaita dengan kompetensi dalam salah satu bidang yang bisa dikembangkan oleh desa.

"Saya harap kepada seluruh komponen untuk mendukung program unggulan sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Kuningan yang pinunjul pada 2023 seperti yang ada dalam visi misi Kuningan Maju. Saya yakin masyarakat desa Sukamulya dapat merealisasikan Desa Sukamulya sebagai Desa Pinunjul dari Desa lainnya pada 2023." Pungkas Bupati Kuningan. (bid/ikp/diskominfo)

 

Share