Bupati Kuningan Tinjau Lokasi Jembatan Ambruk Di Desa Sukajaya

Kategori: 

Kuningan ,- Didampingi Kadis PUTR H. Mas Ridwan Setiawan, Camat Cimahi dan perangkat desa setempat, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. tinjau lokasi ambruknya jembatan penghubung anatara Desa Sukajaya dan Desa Mulyajaya di Kecamatan Cimahi, Rabu (24/3/21). Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka melakukan perhitungan secara fisik agar jembatan bisa cepat di bangun.

Sebelumnya telah diberitakan sebuah jembatan penghubung antara Desa Sukajaya - Mulyajaya, Kabupaten Kuningan terputus.

Menurut Kepala setempat, ambruknya jembatan itu merupakan saluran irigasi anak sungai Ciasem yang masuk administrasi wilayah Blok Walahar, RT 05 RW 02 Desa Sukajaya. Hal itu terjadi akibat curah hujan terjadi dan arus sungai mengikis bangunan pondasi jembatan tersebut.

Akibat terputusnya jalur Desa Sukajaya, akses menuju desa tertutup sehingga membuat warga desa setempat tidak dapat keluar-masuk desa menggunakan kendaraan ataupun jalan kaki.

"Saat ini warga tidak bisa kemana-mana karena jalur tersebut adalah jalur satu-satunya penghubung Desa Sukajaya dengan desa lain," ujar Kepala Desa Sukajaya.

Kabid Bina Marga Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmajayadi membenarkan adanya jembatan putus dan beberapa ruas jalan di Desa Gunung Karung, Kecamatan Luragung ambruk alias ambles.

"Jembatan Desa Jalan Sukajaya ke Desa Mulyajaya, Cikeusal, Kecamatan Cimahi, ambruk juga amblesnya Jalan Desa Gunungkarung ke arah Desa Benda Kecamatan Luragung," ungkap Teddy.

Sebelum terputus, jembatan di Sukajaya sudah masuk dalam bahan kajian kerja Dinas PUTR. Dalam beberapa waktu ke belakang, sudah dilakukan survey mengenai kondisi jembatan.

"Sebelum jembatan putus, Kami sudah pasang rambu-rambu agar warga yang melintas berhati-hati, karena telah terjadi longsoran di sekitar jembatan itu sebelumnya," lanjut Teddy.

Bupati Kuningan memberikan arahan kepada Kepala Dinas PUTR untuk segera memperbaiki jembatan. Ia meminta agar jembatan dapat dibuat lebih baik dengan perhitungan keilmuan setelah melihat kondisi di lapangan, sehingga apabila terjadi hujan lebat bisa tetap berdiri kokoh.

"Terima kasih kepada warga yang kompak dan bergotong royong sehingga jembatan darurat dari kayu bisa di bangun. Semoga perbaikan jembatan dapat berjalan dengan lancar" ujar Bupati Kuningan. (bid/ikp/diskominfo)

 

Share