Bupati Lepaskan Anak Panah Ke Target Sasaran Di Event Archery Championship Menpora Cup

Kategori: 

KUNINGAN,- H Acep Purnama SH MH secara simbolis melakukan pelepasan anak panah ke target sasaran dalam rangka membuka Event Archery Championship Menpora Cup di Stadion Mashud Wisnu Saputra, Jumat (29/10/2021). Acara tersebut digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Kuningan dan Sarjana Pendamping Penggerak Pembangunan Olahraga (SP3OR) Jawa barat.

Dalam sambutannya Bupati Acep menyampaikan, Event Archery Championship Menpora Cup ini adalah sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan terhadap keolahragaan.

“Saya siap mendukung dan bersinergi dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi jawa barat, sesuai dengan tema Hari Olahraga Nasional (Haornas) XXXVIII 2021, yaitu Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju” tutur Acep.

Lebih Lanjut Bupati menjelaskan, keolahragaan merupakan prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, hal itu bisa dilihat dengan diraihnya 9 medali emas oleh para atlet asal kuningan pada gelaran PON XX Papua, dimana prestasi tersebut telah menempatkan Kuningan di Ranking ke 3 (tiga) sebagai Kabupaten/kota penyumbang medali emas yang menghantarkan Provinsi Jawa Barat menduduki Posisi Juara Umum.

“Gelaran Archery Championship Cup “Piala Menpora” ini dilaksanakan sebagai test event untuk kegiatan babak kualifikasi Porprov, karena kuningan di percaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Babak Kualifikasi Porprov XIV tahun 2021 cabang olah raga panahan yang akan di gelar tanggal 18 hingga 22 November 2021, oleh karena nya saya harap event ini bisa membangkitkankembali semangat para atlet atlet-atlet panahan Kuningan yang mampu berkiprah tidak hanya ditingkat lokal dan regional, tetapi juga di tingkat nasional bahkan internasional” ungkap Bupati.

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan melalui Kabid Keolahragaan Disporapar Kabupaten Kuningan Asep Ismanto, S.Pd, M.Pd, ada Atlet panahan dari 7 kabupaten turun tanding dalam event Archery Championship Piala Menpora diantaranya, Kabupaten Kuningan, Cirebon, Ciamis, Majalengka, Sumedang, Sukabumi, serta Kota Cirebon, dan mereka akan bertanding di Stadion Mashud Wisnusaputra, Jl. Siliwangi No.13, Kuningan, selama dua hari, yakni Jumat hingga Sabtu (29-30/10/2021).

“Jumlah seluruh atlet dari 7 Pengcab Perpani Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang turut serta dalam kejuaraan ini 87 orang, dan mereka akan mengikuti 3 nomor pertandingan diantaranya, nomor recurve, compound, serta nomor standar nasional,” ujar Asep

Dipaparkan Asep, kejuaraan olahraga unik yang jarang digelar di Kuningan tersebut bisa terselenggara atas sokongan dana, atau anggarannya bersumber dari Kementrian Pemuda Dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

Hadir pada event itu, Asisten Deputi Olahraga Prestasi, Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kemenpora RI, Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, para pejabat struktural Disporapar, Ketua KONI, Ketua Umum Pengcab Perpani Kuningan, serta perwakilan Pengprov Perpani Jabar (Bid IKP/ Diskominfo).

Share