Bupati Monitor Malam Pelaksanaan Pilkades Serentak

Kategori: 

KUNINGAN-Sebanyak 78 desa dari 29 kecamatan di Kabupaten Kuningan akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Hari Minggu, 28 November 2021. Dalam pelaksanaannya  Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH., didampingi  Kapolres Kuningan, Kasdim 0615, Kepala Dinas BPMD melakukan monitor ke desa yang melaksanakan Pilkades, diantaranya ke Desa Kadugede dan  Desa Cipasung Kecamatan Darma, Sabtu (27/11/2021) malam.

Bupati Kuningan saat berada di Desa Kadugede langsung melakukan pemantauan persiapan Pilkades dengan mengunjungi  Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang didalamnya meliputi Bilik Suara, Kelengkapan Prokes, Tata letak penyimpanan kotak suara, dan penunjang lainnya. Dia mengingatkan kepada panitia agar menjaga stamina dari sekarang  untuk pelaksanaan besok.

Sebelumnya Bupati  menghimbau kepada masyarakat, untuk menjaga kondusifitas antar pendukung calon, karena perbedaan pilihan dalam Pilkades hanyalah dinamika demokrasi  tapi usai pemungutan  suara masyarakat dapat kembali bersatu padu untuk membangun desa dengan dukungan bersama. 

"Seluruh pemilih agar menggunakan hak pilihnya dengan baik dan bertanggung jawab untuk menentukan kepala desa 6 tahun kedepan. Sekali lagi jaga kondusifitas," ungkapnya,  yang diamini camat setempat.

Selain itu, Bupati Acep juga menghimbau  bagi cakades yang menang jangan jumawa dan bagi yang kalah jangan berkecil hati, pada calon kepala desa yang menang serta pendukungnya untuk tidak melakukan euphoria kemenangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Kuningan, melalui Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan  H. Ahmad faruk S.Sos, M.Si menyebutkan, untuk Pilkades serentak di Kabupaten Kuningan ini banyak hal yang menarik dari hasil penjaringan kepala desa  jumlah bakal calon ada 219 orang dengan jumlah laki-laki  190, dan perempuan 29 orang.

Dengan jenjang pendidikan S3- 1 orang, S2-9 orang, S1-36 orang, Diploma-8 orang, SMA-131 orang, SMP-33 orang, dan SD-1 orang. Adapun statusnya  ada 45  petahana, 8 mantan kepala desa, 19 berasal dari perangkat desa, dan ada 1 desa yang bakal calonnya semua perempuan. 

Dia mengatakan malam ini Bupati melakukan monitor persiapan Pilkades, rencananya besok juga Bupati akan melakukan monitor ke salah satu desa yang menyelenggarakan Pilkades yaitu Desa Tenjo layar. (IKP/DISKOMINFO)

Share