Bupati Monitoring Vaksinasi Massal Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Usia Di Atas 18 Tahun

Kategori: 

Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, SH., MH. kembali melakukan Monitoring Program Vaksinasi Massal Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Usia di atas 18 Tahun ke atas bertempat di SMPN 2 Kuningan, Jalan Oto Iskandar Dinata, pada Minggu (8/8/2021).Lingkungan SMPN 2 Kuningan ini masuk dalam Kawasan pemukiman warga kuningan kota dan secara administrasi masuk dalam lingkungan lamepayung, kelurahan/kecamatan/Kabupaten Kuningan. Adapun wilayah pemukiman yang masuk dalam kelurahan tersebut seperti kampung cigodeg, sawahwaru,pasapen, cangkuang, liang panas, kabumen dan warga sekitar.

Dengan kemari adanya program “Grebek Desa” serta kedatangan puluhan ribu dosis vaksin baru jenis Astrazeneca di Kabupaten Kuningan, warga sangat antusias untuk mendapatkannya.

Salah satunya, vaksinasi massal ini, ternyata agenda vaksinasi yang ditujukan bagi warga di Kelurahan Kuningan di atas usia 18 tahun ini ternyata banyak diserbu warga luar daerah dan bahkan didominasi oleh kalangan pelajar/remaja.

“Kegiatan vaksinasi yang digelar hari ini sebenarnya adalah bagian dari program grebek desa/kelurahan. Namun karena pelaksanaannya di kawasan sekolah, sehingga banyak pelajar/remaja yang hadir, dan ternyata diluar prediksi antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin ini sangat tinggi sehingga terjadi banyak antrian. Nanti kita sudah kondisikan panitia untuk membuka lagi dua ruangan baru agar tidak terjadi banyak kerumunan, " jelas Bupati.

Kemudian pelaksanaan vaksinasi di SMPN 2 Kuningan ini, kata Bupati, disediakan vaksin sebanyak 1500 dosis. Meski banyak warga yang ingin divaksin, Ia mengatakan jangan khawatir karena pemerintah daerah saat ini masih punya banyak dosis vaksin yang baru dikirim.

"Kemarin kita terima sekitar 25 ribu dosis vaksin jenis baru yakni Astrazeneca. Vaksinasi kali ini memang harus dilakukan secara baik, administrasi dan lainnya, karena untuk vaksinasi kedua kalinya juga harus dilakukan di sini, " paparnya.

Di akhir, Bupati menegaskan untuk pelaksanaan vaksinasi berikutnya akan digelar di tempat yang lebih luas agar bisa menampung antusias warga yang ingin di vaksin lebih banyak lagi.

"Misalkan nanti akan dilakukan di GOR, Halaman Pendopo atau halaman masjid yang lebih luas, " pungkasnya.

Lanjut Bupati semoga dengan “Grebeg Desa” ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi dan membentuk herd immunity karena Vaksinasi atau imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini. (Bid/Ikp/Diskominfo)

Share