Bupati sangat mendukung Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS)

Kategori: 

Kuningan ,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. hadiri Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Persiapan Verifikasi Awal Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Ruang Rapat Linggarjati, Senin (1/3/2021).

Program terpadu P2WKSS merupakan upaya Pemerintah bersama dengan masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan.

Dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Kuningan mendukung segala bentuk program untuk memajukan Desa, termasuk Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS).

“Khusus tahun ini Desa Sakerta Timur Kecamatan Darma telah ditunjuk untuk menjadi lokasi P2WKSS, konsep yang ingin dikembangkan dalam membangun desa kali ini adalah pengembangan desa sakerta timur sebagai Desa Wisata. Keberhasilan program P2WKSS dapat dilihat dari adanya perubahan fisik maupun perubahan sikap dan perilaku masyarakat untuk bisa membangun dan mandiri.” kata Bupati.

Ia juga berharap, dengan bantuan fisik ataupun program yang diberikan SKPD dapat langsung ke desa, khususnya dalam mengembangkan konsep Desa Wisata, sehingga dapat memberikan perubahan untuk masyarakat dan dapat menjadi contoh desa lain yang belum mendapat program terpadu P2WKSS.

Untuk sasaran dari program P2WKSS yaitu, perempuan dan keluarga dengan tingkat kesejahteraan tergolong rendah dengan prioritas pendidikan sosial ekonomi kesehatan dan Pendidikan.

dibentuknya tim teknis pengelola program terpadu P2WKSS berdasarkan keputusan Bupati kuningan Nomor 260/KPTS.418- DPPKBP3A/2020 tentang Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2021-2024 Kabupaten Kuningan.

“Dengan itu saya mengharapkan semua SKPD yang terkait dapat membantu membuat terobosan dengan cara adanya komitmen dan sinergitas program dari mengalokasikan SKPD terkait agar kegiatan dapat berlangsung ke Desa lokasi binaan, melaksanakan pembinaan penyuluhan dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan desa, melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap kebutuhan desa yang belum dipenuhi, serta menjalin komunikasi dan turut memonitor pelaksanaan di lapangan.” ujar Bupati

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., berharap kolaborasi lintas sektoral seluruh SKPD dapat menyukseskan P2WKSS sesuai dengan prinsip Pentahelix, yaitu untuk suksesnya sebuah program  di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Selain itu, Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna, S.Pd., M.Pd., dalam kesempatan itu melaporkan bahwa rangkaian kegiatan telah diawali dengan penggalian data dan informasi desa yang di  laksanankan sejak tahun 2020, dan menghasilkan konsep pembangunan untuk menggiatkan kembali Desa Sakerta Timur sebagai desa wisata dengan perempuan sebagai penggeraknya.

“Untuk penempatan lokasi P2WKSS berdasarkan data dari 5 Kecamatan di Kabupaten Kuningan, untuk itu kami mengharapkan peran dan dukungan yang semaksimal mungkin dari seluruh SKPD, Tim Teknis, dan Tim Prapelaksana P2WKSS bersama-sama mecurahkan segenap potensi yang ada.” ujar Ketua Panita.

Hadir pula ketua PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama pada kesempatan itu menyampaikan, suksesnya kegiatan P2WKSS berharap kepada Bupati, dan kepada seluruh SKPD untuk menjadi penggerak PKK,  Aparat Desa, Dasa Wisma,  Posyandu,  Karangtaruna, BPD,  serta LPM.

“Program P2WKSS sudah terlaksana dengan baik, dan penghargaan demi penghargaan juga sudah kami raih, seperti di Desa Cipancur yang sampai hari masih berjalan. Mudah-mudahan kami dapat melaksanakan kegiatan ini bukan hanya juara saja, tetapi memiliki dampak yang baik untuk masyarakat” kata ketua PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama.

Sementara Kepala Desa Sakerta Timur Cucu Sudrajat, pada kesempatan ini mengucapkan terima kasih kepada pimpinan daerah karena terpilih sebagai P2WKSS, mudah-mudahan dapat melengkapi apa yang telah direncanakan yaitu menjadi Desa Wisata.

“Setiap yang kami bangun untuk menunjang program P2WKSS itu  pembangunan untuk jangka panjang, menuju menjadi Desa Wisata” ujar Cucu Sudrajat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., Ketua Panitia sekaligus Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan Trisman Supriatna, S.Pd., M.Pd. , ketua PKK Kabupaten Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, serta Kepala Desa Sakerta Timur Cucu Sudrajat. (BID/IKP/DISKOMINFO)

 

Share