Bupati Serahkan Bantuan BSPS

Kategori: 
Bantuan BSPS

Bupati Kuningan, Hj. Utje Ch Suganda menyerahkan secara simbolis penyaluran dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) bagi ratusan warga yang diselenggarakan di Desa Bantar Panjang dan Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin pada Kamis (03/12/2015). Setiap warga mendapat bantuan senilai 10 juta per rumah. Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (DTRCK), H. M Ridwan Setiawan, SH., MH, MSi serta Camat Cibingbin, Ruslani. Di Kecamatan Cibingbin tercatat ada lima desa yang menerima BSPS, antara lain Desa Cipondok, sebanyak 160 rumah, Sukamaju sebanyak 164 unit, Ciangir ada 175 rumah dan Bantar Panjang sebanyak 177 rumah.
 

Kepala DTRCK, H. M Ridwan Setiawan, SH.,MH., M.Si mengungkapkan bahwa program tersebut merupakan upaya pemenuhan kebutuhan rumah yang layak huni di Kabupaten Kuningan dan sebagai wahana evaluasi pencapian secara menyeluruh terhadap upaya pemberdayaan masyarakat pada tingkat desa.
 

“ Saat ini kondisi pemenuhan kebutuhan perumahan yang layak huni di Kabupaten Kuningan masih belum teralisasi. Ini tidak terlepas dari pertambahan penduduk setiap tahunnya, meningkatnya jumlah penduduk belum sepenuhnya diimbangi dengan ketersediaan perumahan. Untuk memenuhi kebutuhan perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah, maka Pemkab Kuningan bekerja sama dengan kementrian PU dan Perumahan Rakyat pada tahun ini memberikan bantuan BSPS untuk 1.024 unit di dua kecamatan yakni Kecamatan Cibingbin dan Ciwaru. Total bantuan Rp. 10,24 Milyar, yang masing-masing penerima mendapatkan bantuan sebesar 10 juta,” kata Kepala DTRCK Kab. Kuningan.
 

Bupati Kuningan, Hj. Tje ch Suganda, ketika menghadiri penyaluran dana tersebut di Desa Cipondok dan Desa Bantarpanjang meminta kepada semua pihak untuk mendukung program tersebut, karena alokasi anggaran terbatas, tidak semua desa di Kabupaten Kuningan mendapat program BSPS. Untuk tahun ini hanya ada dua kecamatan yakni Cibingbin dan Ciwaru” bagi desa yang belum kebagian, saya berharap untuk bersabar. Pemerintah Kabupaten Kuningan akan tetap mengusahakan semua kecamatan mendapatkan program BSPS bagi pembangunan rumah yang tidak layak huni”
 

Bupati Kuningan juga berharap dalam program BSPS tahun 2015 ini semua pihak yang berperan aktif dalam kegiatan fasilitasi, koordinasi, dan tugas dukungan operasional dan pengawasan “ untuk calon penerima BSPS ini diharapkan dapat melaksanakan kegiatan dengan rasa tanggung jawab. Karena dari lima ribu unit yang diusulkan pada tahun 2015 tidak semuanya mendapat bantuan. “ Penerima bantuan yang berjumlah 1.024 ini merupakan orang-orang yang terseleksi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI dan bagi yang belum mendapatkan bantuan, kami dari Pemkab akan terus memperjuangkan baik dari APBD maupun dari APBN,” kata Bupati. ( Sumber : YHNS, Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Bantuan BSPS
Bantuan BSPS
Share