Bupati Tanda Tangani Komitmen Bersama Pemberdayaan Masyarakat Pesantren Untuk Penanggulangan Tuberculosis Melalui Muslimat Nahdlatul Ulama

Kategori: 

KUNINGAN,- Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH Tutup Kegiatan Loka Karya dan Tandatangani Komitmen Bersama Pemberdayaan Masyarakat Pesantren Untuk Penanggulangan Tuberculosis Melalui Muslimat Nahdlatul Ulama bertempat di Jl. JUANDA  : Gedung Sekretariat Muslimat NU yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Komplek Rumah Sakit Juanda Kuningan, Selasa (21/09/2021).

Bupati Kuningan dalam arahanya menjelaskan persoalan penyakit TBC merupakan persoalan bersama yang tidak boleh dianggap enteng. Mengingat, penyakit TBC merupakan salah satu penyakit berbahaya dan mematikan namun dapat disembuhkan dengan pengobatan yang dilakukan secara teratur.

“Memang TBC ini penyakit yang berbahaya, menular dan mematikan. Namun penyakit ini bisa diobati dan disembuhkan dengan pengobatan secara rutin dan teratur. Semoga dengan kegiatan Loka Karya ini bisa untuk menangkap potensi kader, penguatan jaringan, dan advokasi yang mesti dilakukan dalam mengentaskan TB di lingkungan masing-masing” ucapnya.

“Saya mengharapkan para peserta terus-menerus mengasah pengetahuan serta kemampuan untuk mempromosikan “TOSS TBC” dan infeksi TBC di komunitasnya.

Kegiatan Loka Karya Pemberdayaan Masyarakat Pesantren Untuk Penanggulangan Tuberculosis Melalui Muslimat Nahdlatul Ulama ini juga selaras dengan Prorgram Presiden RI (Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030) saya sebagai Bupati akan mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan untuk memerangi penyakit TBC dengan “TOSS TBC”, Temukan, Obati Sampai Sembuh, paparnya

Selanjutnya, untuk mewujudkan Indonesia bebas TBC, Bupati akan mengintruksikan kepada seluruh jajaran dan petugas kesehatan disemua tingkatan yang ada di Kabupaten Kuningan, baik Dinkes, seluruh Rumah Sakit dan Puskesmas untuk memantau dan menelusuri secara langsung kesegenap lapisan masyarakat yang terindikasi terkena TBC agar bisa ditangani sedini mungkin.

“Kepada masyarakat yang terindikasi TBC, jangan malu untuk menyampaikan kepada kami semua, baik ke Puskesmas-Puskesmas, para perawat, para bidan, untuk minta segera diobati dan kami siap untuk mengobati itu semua,” ungkapnya.

Agar terhindar dari berbagai masalah gangguan kesehatan, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan. Karena hal tersebut menurutnya menjadi faktor utama dalam mencegah datangnya penyakit. (Bid/Ikp/Diskominfo)

Share