Bupati Tinjau Lokasi Bencana Longsor di Desa Cidahu Kecamatan Pasawahan

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. meninjau secara langsung lokasi bencana 3 titik di Desa Cidahu Kecamatan Paswahan Hari Senin (22/2/2021).

Bupati hadir didampingi Kepala Dinas DPKPP Ir. Putu Bagiasna dan Kepala Pelaksana BPBD Indra Bayu, S.STP.

Menyambut Bupati tampak terlihat Camat Pasawahan Cece  Hendra Krissianto, S.STP, Kapolsek dan Danramil Paswahan. Tampak juga Kepala Desa Cidahu N. Kurniah beserta Perangkat Desa, Para Kepala Desa se Kecamatan Pasawahan.

Hadirnya Bupati ke lokasi bencana setelah mendapat laporan Camat atas terjadinya bencana longsor dari tebing tanah di tengah pemukiman.

Turun dari kendaraan dinas, Bupati langsung mendatangi lokasi bencana, dan melihat secara langsung kondisi tanah longsoran dari tebing, sambil memerintahkan kepada Kepala pelaksana BPBD Indra Bayu untuk mengambil langkah- langkah yang diperlukan.

“saya hari ini meninjau situasi kondisi untuk mengambil sebuah keputusan, pertama terkait dengan penanganan bencana, ada dua hal yaitu untuk melihat kondisi rumah yang terdampak bencana dan yang kedua ada lahan yang harus di bangun TPT untuk dibuat penahan tebingnya di karenakan tebingnya berada diatas rumah tetapi kalau TPT nya sampai 10-15 meter saya menyarankan untuk relokasi rumah” tutur Acep. 

Sebagaimana diketahui, Cidahu merupakan desa yg berpotensi untuk dikembangkan baik dalm hal pertanian maupun perikanan. Rencana kedepan akan dibangun TPT sehingga aspek keamanan akan lebih terjaga.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga mengingatkan untuk masyarakat yang akan membangun rumah agar membuat IMB. Ketika IMB sudah dibuat maka disana akan ada kajian tentang kelayakan berdirinya bangunan.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Ia juga menyampaikan mengenai program yang sedang di laksanakan yaitu "SAPA WARGA" yang didalamnya meliputi silaturahmi dan diskusi.

Dalam pelaksanaan kegiatan “SAPA WARGA”  berpedoman pada Kerangka Acuan / ToR Kegiatan “SAPA WARGA” dalam Surat Bupati Kuningan Nomor 050/312/Bappeda Tanggal 11 Pebruari 2021),

“Tujuan dari adanya SAPA WARGA ini untuk mengumpulkan data, menyerap informasi, menampung aspirasi yang akan menjadi dasar landasan kebijakan dan arahan kegiatan untuk mensejahterakan masyarakat.” Jelas Acep.

Tak lupa Bupati juga meminta untuk program “SAPA WARGA” ini  di kerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan bijaksana dengan di iringi nilai-nilai yang objektif.

Untuk Melaporkan hasil pendataan dari kegiatan “SAPA WARGA” langsung kepada Bupati Kuningan Melalui BAPPEDA Kabupaten Kuningan.

 

 

Share