Bupati Tutup Kegiatan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Sekaligus Launching Buku Cerita.

Kategori: 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH menghadiri penutupan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Bagi Remaja Tingkat Kabupaten Kuningan. Dalam Rangka Hari jadi ke-523 Kuningan yang telah diikuti oleh 25 peserta se-Kabupaten Kuningan sekaligus Launching Buku Cerita Hewan Khas Gunung Ciremai di Galeri Kopi Kuningan (Taman Cirendang), Sabtu (11/09/2021).

Dalam sambutannya Bupati sangat menyambut baik kegiatan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Bagi Remaja tersebut  agar nantinya bisa untuk meningkatkan kemampuan dan mengasah potensi pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang mempunyai keahlian dalam retorika melalui pidato serta melatih kepercayaan diri dan menambah wawasan.

“Saya menyambut baik kegiatan ini, terima kasih atas sumbangsihnya dimana di masa pandemi ini kita merayakan harjad dengan penuh kesederhanaan, namun saya bangga semasa pandemi seperti sekarang di isi dengan berkarya. Salah satunya di tempat ini kita menyaksikan para generasi muda berkarya dengan lomba pidato nya dan tentunya para peserta yang mengikuti lomba pidato ini pasti setidaknya sedikit banyaknya sudah menguasai tentang ilmu berpidato karena pidato itu tidaklah mudah, ada grogi, ada nervous, dll. Tidak mudah berbicara di hadapan orang lain, kesempatan ini akan menjadikan talenta kekayaan yang harus kita pupuk dan dorong terus untuk lebih berkembang lagi menjadi kebanggaan Putra-Putri Kabupaten Kuningan yang handal dalam berpidato” tutur Bupati.

Sambung Bupati dalam sambutannya saya juga sangat salut hari ini saya bisa melaunching sebuah buku dengan judul Cerita hewan khas gunung ciremai, ini sangat luar biasa sesuatu gagasan yang sangat luar biasa.

“Saya juga ingin memberikan masukan kepada pembuat dan penerbit buku ini kalau bisa setelah edisi fauna nya ini untuk bisa meluncurkan edisi flora nya yang ada di gunung ciremai, saya ingin sekali anak-anak kita mengenal wilayah Kab.Kuningan dari mulai geografis nya termasuk administratifnya kewilayahan nya seperti apa saja kecamatan nya yg berjumlah 32, juga desa desa nya” ungkap Acep.

Pada kesempatan yang sama Kadisdikbud Uca Somantri Menurutnya, ajang Lomba Pidato tersebut mampu menjaring para remaja yang memang mempunyai potensi di bidangnya dan diharapkan akan menjadi generasi penerus yang berprestasi.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada ketua forum atas inisiasinya kegiatan lomba pidato dan launching buku ini bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi, bahwa kita memiliki komitmen kaitan dengan literasi , literasi tidak hanya konvensional tapi sudah bergeser dengan literasi digital. Tetap bersinergi satu sama lain bahu membahu literasi tidak saja hanya di kota tapi juga ditingkat desa” tukas Uca.

Lebih lanjut Ketua Panitia Imam menjelaskan Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pengurus Forum Taman Baca Masyarakat Kabupaten Kuningan, Paguyuban Duta Baca Kab.Kuningan dan beberapa sponsor yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Allhamdulillah kegiatan ini, walaupun dalam waktu yang singkat antusiasme masyarakat yang luar biasa jumlah peserta yang mendaftar hampir kurang lebih 30 , dan mengerucut menjadi 25 peserta yang bisa hadir dan sudah ada pemenangnya .Mudah mudahan , kedepan nya kegiatan ini bisa dilakukan kembali. Tujuan kegiatan ini, bagaimana ide gagasan pidato menjadi suatu produk untuk menjadi inovasi generasi milenial untuk bersama- sama mendukung visi Kuningan MAJU” Jelas Imam.

Pada kegiatan tersebut Bupati secara simbolis menyerahkan piala kepada para pemenang Lomba Pidato di antaranya :

1. Juara 1 Rekhan Nur Sufiulloh (UIN Sunan Gunung Djati)

2. Juara 2 Siti Mutiara Atiatul Munawwaroh (Universitas Kuningan)

3. Juara 3 Muhammad Nur Ali (MA Nurul Huda Kertawangunan)

4. Harapan 1 M Ariz Hibrizi (MAN 1 Kuningan)

5. Harapan 2 Roswati (SMK Cendikia Utama)

6. Harapan 3 Fina Khoirunisa (SMA Binaul Ummah)

Hadir di acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Drs. H. Uca Somantri, M.Si. , Plt. Kadis Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan Beni Prihayatno, S.Sos., M.Si. , Sekretaris Dinas Dikbud  H. Muhamad Mutofid, SH., MT, Ketua Pengurus Daerah Forum Taman Bacaan Masyarakat Kab.Kuningan Imam Muh. Agung Fauzy. (Bid/Ikp/Diskominfo)

Share