DAK Bidang Pendidikan Disosialisasikan

Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan

Hasil melenium summit tahun 2000 telah disepakati bahwa tujuan dari Melenium Development Goals ( MGDS ) adalah menuntaskan pendidikan dasar pada tahun 2015. Atas dasar tersebut untuk mendukung tercapainya MGDS maka pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan melalui program DAK Bidang Pendidikan. Menurut A. Toni, Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan mengatakan, demi terlaksananya program DAK Bidang Pendidikan dan tercapainya sasaran baik sasaran pokok maupun sasaran fungsional maka dilaksanakan kegiatan workshop dan sosialisasi DAK Bidang Pendidikan, Selasa (14 Oktober 2014 di Hotel Linggarjati.
 

Kegiatan yang diikuti oleh para Kepala Sekolah, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan se-Kabupaten Kuningan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kuningan, H. Acep Purnama dan dihadiri Kasdim Kuningan, Kepala Disdikpora, Drs. Asep Taufiq Rohman, M.Si. M.Pd serta para undangan.
 

Wakil Bupati dalam sambutannya mengajak kepada para Kepala Sekolah dan Kepala UPTD Pendidikan untuk terus berkomitmen meningkatkan sumberdaya manusia sejak jenjang pendidikan dasar, karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa salah satu tujuan dari UUD’45 adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
 

Salah satu upaya pemerintah untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan meningkatan sarana pendidikan yaitu dengan memberikan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Bidang Pendidikan. DAK Bidang Pendidikan dikucurkan dari dana APBN kepada daerah untuk mendanai kebutuhan daerah yang menjadi prioritas nasional, DAK Bidang Pendidikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dipergunakan untuk mendukung penuntasan wajib belajar 9 tahun yang bermutu dan merata serta untuk mendukung pelaksanaan pendidikan menengah universal.
 

Selain itu Wabup Acep juga meminta kepada para kepala sekolah yang mendapatkan dana bantuan DAK Bidang Pendidikan untuk dapat melaksanakannya sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan dan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku, jangan sekali-kali untuk melenceng dengan aturan karena sekali melenceng maka akan berhadapan dengan hukum.
 

“ Laksakan sesuai dengan aturan yang berlaku jangan sekali-kali melenceng dari aturan karena akibatnya dapat berhadapan dengan hokum,” pinta Acep. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan
Sosialisasi DAK Bidang Pendidikan
Share