Dalam Pelatihan Guru Ngaji/Ta’mir Sekda Inginkan Ilmu Yang Didapat di Transformasikan Kembali ke Khalayak Luas

Kategori: 

Kuningan ,- Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar membuka Acara Pelatihan Guru Ngaji/Ta’mir Masjid dan Manajemen Masjid Tingkat Kabupaten Kuningan di Kuningan Islamic Center (KIC), Rabu (16/12/2020) Pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan ini merupakan  Program kerja pemerintah Kabupaten  Kuningan setiap tahun, melalui Subag Bina Mental Spiritual atau Bagian Kesra  2020. Sekaligus implementasi Visi  Kabupaten Kuningan yang Agamis berbasis desa. Serta tujuannya untuk mewujudkan masyarakat kuningan untuk gemar mengaji.

Dalam sambutannya Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan menyampaikan, bahwa  dalam upaya mewujudkan Visi Kabupaten Kuningan, Pemerintah Daerah akan terus mendorong serta mendukung setiap pelaksanaan program dan kegiatan khususnya di bidang keagamaan, tetapi tentunya untuk mewujudkan Visi dan Misi tersebut diperlukan peran aktif dan kerja sama dari seluruh stakeholder dan elemen masyarakat di Kabupaten Kuningan.

Sebagai bentuk kepedulian serta apresiasi Pemerintah Daerah terhadap Bidang Keagamaan, Pemerintah Daerah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan baik yang berkaitan dengan program bantuan maupun hibah dalam menunjang sarana dan prasarana serta kegiatan bidang keagamaan. hal tersebut tentunya akan dipertahankan dan ditingkatkan demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Kuningan.serta pelaksanaan Pelatihan Guru Ngaji dan Manajemen Masjid tentunya adalah salah satu upaya dalam mendorong terwujudnya Visi dan Misi Kabupaten Kuningan,

“Pengetahuan dan keterampilan yang saudara-saudara dapatkan pada pelatihan ini menjadi dasar dan juga modal tersendiri bagi saudara-saudara untuk lebih termotivasi lagi dalam mengembangkan dan melaksanakan tugas, baik sebagai guru ngaji maupun sebagai pengurus dan pengelola Masjid.“ Ujar Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan.

Ketua Penyelenggara Kabag Kesra Kabupaten Kuningan H. Nunung Nurjati, S.Pd, M. Si melaporkan bahwa, tahun 2020 Kabupaten Kuningan mendapatkan juara dari Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung. serta Kabupaten Kuningan juga perlu adanya Qoriah yang handal. Aplikasi silaga (sistem informasi kelembagaan agama) kegiatan binamental spiritual, yg dikomandoi oleh pak Wibawa Gumbira S.Sos., M.Pd untuk mengetahui data keagamaan yang valid, serta meningkatkan wawasan pengetahuan Guru Ngaji dalam mendidik.

“diharapkan kedepannya setiap Desa mempunyai Guru Ngaji,  sehinga Kabupaten Kuningan mempunyai lebih banyak Hafidz dan Hafizah.” Ujar Ketua Penyelenggara Kabag Kesra Kabupaten Kuningan H. Nunung Nurjati, S.Pd, M. Si.

Sekertaris Daerah Kabupaten Kuningan juga berharap, agar dapat mentransformasikan ilmu pengetahuannya kepada peserta dengan maksimal. karena keberhasilan dari kegiatan pelatihan akan menjadi salah satu aspek pendukung tolak ukur ketercapaian Visi dan Misi Kabupaten Kuningan. serta akan lebih bermanfaat apabila ilmu pengetahuan dan keterampilan yang di dapatkan pada pelatihan ini dapat ditransformasikan kembali kepada masyarakat luas sehingga akan lebih banyak lagi guru ngaji yang profesional, masjid-masjid akan terpelihara dengan baik serta lebih makmur lagi dengan pengelolaan dan manajerial masjidnya yang dilaksanakan dengan baik, transfaran dan akuntabel.

acara tersebut di hadiri Wakil Bupati Kuningan Muhammad Ridho Suganda, S.H., M.Si., Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuningan, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan Kuningan H. Nunung Nurjati, S.Pd, M. Si , Ketua MUI Kabupaten kuningan, dan narasumber serta Peserta Pelatihan.  (bid/ikp/diskominfo)

 

Share