Desa Ciniru Deklarasikan Sebagai Desa ODF (Open Defecation Free)

Kategori: 

Kuningan ,- Desa Ciniru dideklarasikan sebagai desa ODF (Open Defecation Free). Untuk mewujudkan tahun 2023 ( 100-0-100)  universal akses, 100 % akses air minum , 0 % pemukiman kumuh dan 100 % akses sanitasi di Desa Ciniru , Kecamatan Ciniru, Rabu (29/12/2021).

Bupati mengharapkan bahwa kegiatan ini sebagai  penerapan sanitasi total berbasis masyarakat, untuk menjadi contoh bagi desa lain di kecamatan Ciniru agar semua desa sudah Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop Babs) atau Open Defecation Free (ODF) serta dapat membudayakan 5 pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang diantaranya Stop Buang Air  Besar Sembarangan , Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS) , Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah, Pengamanan Sampah Rumah Tangga, dan Pengamanan Dengan Limbah Cair Rumah Tangga.

Dalam sambutannya Bupati Kuningan menyampaikan,  dengan berjalannya Visi Sanitasi Kabupaten Kuningan adalah terwujudnya kondisi sanitasi dasar yang aman dan layak, serta berkelanjutan bagi seluruh warga untuk mendukung kabupaten konservasi dan wisata termaju di Jawa Barat, yang dijabarkan misinya yaitu meningkatkan pelayanan sanitasi dasar yang aman dan layak serta berkelanjutan bagi seluruh warga melalui pengelolaan air limbah rumah tangga yang aman dan berkelanjutan serta ramah lingkungan.

“Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku, sehingga jika lingkungan dan perilaku masyarakat baik maka derajat kesehatan masyarakat pun akan meningkat, serta perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila kita tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya.  perubahan perilaku ini harus dimulai dari hal-hal yang terkecil, dimulai dari diri sendiri, dan dimulai dari sekarang juga.  sehingga nantinya menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).” Ujar Bupati

Bupati berharap kegiatan pada hari ini memberi semangat kepada semua pihak khususnya di Kabupaten Kuningan. sehingga desa yang lain dapat menyelenggarakan kebutuhan sanitasinya secara mandiri dan berperilaku berhenti buang air besar sembarangan.  Serta selamat kepada Desa Ciniru Kecamatan Ciniru yang sudah mendeklarasikan dan menjadi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop babs) atau Desa ODF.

Dalam acara ini juga Bupati menandatangani Berita Acara tentang pernyataan Desa ODF Oleh Camat Ciniru, Kepala Puskesmas Ciniru, Kepala Desa Ciniru, Ketua BPD Desa Ciniru dan Perwakilan Kepala Desa Tetangga , serta Penyerahan Sertifikat ODF oleh Bupati Kuningan kepada Kepala Desa Ciniru.

Dalam kesempatan ini juga Camat Ciniru Indra Nugraha Ishak, S.STP., M.Si. menyampaikan bahwa, Tujuan dari deklarasi ini untuk mewujudkan masyarakat yang bersih dan sehat.

“Mudah-mudahan dengan diadakannya Deklarasi ODF ini masyarakat desa sudah mulai sadar dan mengubah kebiasaan yang kurang baik tersebut.” Ujar camat Indra

Dalam acara ini Kepala desa Ciniru  Peri Arianto, S.Kom menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pemerintah daerah dan tim verifikasi ODF dari Dinas Kesehatan Kab.Kuningan yang telah memberikan penilaian bahwa Desa Padamenak layak mendeklarasikan sebagai Desa ODF.

“Hari ini, merupakan sejarah bagi kami. Karena Desa Ciniru mendeklarasikan sebagai Desa ODF. Ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh lapisan masyarakat, sehingga kegiatan ini dapat terselenggara. Ini juga merupakan bukti bahwa desa kami mendukung program nasional, dan masyarakat Desa Ciniru sudah 100 persen stop BABS,” terang Peri.

Peri Arianto berharap, dengan dideklarasikannya Desa Ciniru sebagai Desa ODF, jajarannya beserta seluruh masyarakat telah komitmen menjalankan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari, sehingga predikat Desa ODF dapat dipertahankan. (BID IKP/DISKOMINFO) 

Share