Dinkes Canangkan Revitalisasi Program Preventif, Promotif, Jampersal dan Jamkesmas

Kategori: 

Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Kamis (3/5) bertempat di Gelanggang Pemuda menggelar pencanangan beberapa revitalisasi program diantaranya Preventif, Promotif, Jampersal dan Jamkesmas. Program-program tersebut sedianya merupakan formula dari pihak pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan memantapkan pembangunan manusia melalui akselerasi peningkatan derajat pendidikan, kesehatan dan daya beli. Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kuningan, H. Acep Purnama, SH, MH, Direktur RSIA Linggajati, Dr. H. Asep S. Hermana, MM. Kes, serta undangan lainnya.

“ Dinas Kesehatan merupakan perangkat daerah Kabupaten Kuningan yang tugasnya membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan khususnya pada bidang kesehatan sehingga memiliki tugas dan tanggung jawab merumuskan kebijakan teknis bidang kesehatan, penyelengaraan dan pelayanan kesehatan serta pembinaan kesehatan,” papar dr. Hj. Titin Suhartini selaku Kepala Dinas Kesehatan.
Menurutnya, disamping pelayanan kesehatan kuratif/pengobatan, melalui program jamkesmas dan jampersal perlu juga ditingkatkan kesadaran masyarakat bahwa upaya promotif dan preventif juga tidak kalah penting.
Lebih lanjut Hj. Titin memaparkan, beberapa program-program yang direvitalisasi diantaranya, pamsimas, open defecation free, imunisasi, pemberantasan dan pencegahan penyakit DBD, pencegahan dan pemberantasan TBC, Program Perencanaan Persalinan, dan Pencegahan Komplikasi (P4K), Jamkesmas serta Jampersal.
Sementara itu Bupati Aang mengatakan,  “ kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia, pada gilirannya pemerintah bertanggung jawab merencanakan, mengatur, menyelenggarakan, membina dan mengawasi penyelenggaraan upaya kesehatan yang merata dan terjangkau oleh masyarakat. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak akan pernah tuntas,” tandasnya.
Bupati Aang meminta agar seluruh jajaran Dinas Kesehatan yang terkait terjun langsung kelapangan agar bisa menentukan program serta kebijakan yang nantinya akan dilaksanakan, selain itu pula program-program yang akan diambil harus disesuaikan dengan visi dan misi Pemerintah Daerah. ” Program-program yang akan, sedang dan sudah terealisasi harus terus diawasi serta terpenting pada akhirnya harus ada evaluasi,” harapnya. ( Sumber : Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan ).

Share