Diskominfo Dan Diskopdagperin Kerja Bareng Gelar Pelatihan Digital UMKM

Kategori: 

Sebanyak  82 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten mengikuti pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS)-Digital Entrepreneurship Academy (DEA) untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  dalam  menjalankan usahanya. Bertempat Horison Tirta Sanita Hotel, Cigandamekar-Kuningan, Kamis (8/4/2021).

Dikatakan Kadis Komunikasi dan Informatika (Diskominfo)  Kuningan, Dr. Wahyu Hidayahm M.Si, Kegiatan pelatihan ini sebagai upaya  mencetak talenta digital di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rangka mempersiapkan SDM yang unggul dalam rangka mendukung era revolusi industri 4.0. Dengan  meningkatkan  pengetahuan dan keterampilan untuk memanfaatkan/mengoptimalkan TIK dalam mengelola bisnis atau usahanya.

Ia menerangkan, peranan sektor UMKM memiliki peranan juga dalam  memperkuat perekonomian. Untuk itu perlu disiapkan dan ditingkatkan pengetahuan dan skill-nya untuk mendorong wirausaha yang dapat memadukan aktivitas usahanya baik secara offline dan juga berbasis digital (online). Disaat perkembangan teknologi saat ini.

Adapun proses rekruitmen peserta, Kadiskominfo menjelaskan, sebelumnya dilakukan secara online di mulai pendaftaran pada tanggal 25 Maret hingga  1 April 2021 dengan jumlah pendaftar sebanyak 142 orang. Dilanjutkan ke tahap seleksi administrasi berupa seleksi KTP, domisili peserta dan foto produk. Dari semua tahapan didapat 82 orang siap mengikuti pelatihan dan 5 cadangan.

“Alhamdulilah Kami dapat fasilitasi dari Kementrian Kominfo RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDM) Kominfo  Bandung, untuk melaksanakan Kegiatan Pelatihan ini dan bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopdagperin)Kab. Kuningan,” Jelas Wahyu.

Sementara itu,  Kepala Diskopdagperin Kab. Kuningan, Uu Kusmana, M.Si yang belum lama ini meluncurkan Aplikasi Bank Data Pelaku Usaha Ekonomi Kerakyatan yang dikenal dengan Si BaDu Mirakyat, mengungkapkan, pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian kerakyatan perlu diperkuat dan didorong mengadopsi teknologi digital, model, dan strategi bisnis yang baru dalam praktik dan aktivitas bisnis sehari-hari di era digital ini.

Hal yang sama seperti yang disampaikan  Kadis Kominfo Kuningan, ia mengatakan,  yakin kontribusi dalam kegiatan program Digital Entrepreneurship Academy ini mampu mendorong penguatan SDM wirausaha yang unggul di Kabupaten Kuningan  di era digital, bukan hanya jangka pendek tetapi juga jangka panjang. (Bid/Ikp/Diskominfo)

Share