Diskominfo Gelar Pelatihan Website Desa

CIGANDAMEKAR,- Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Pelatihan Website Desa, Senin (6/9/2021) di Aula Prima Resort, Sangkanhurip.

Pelatihan yang diikuti 50 operator website desa itu, dibuka langsung Kepala Diskominfo Kab.Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, dihadiri Kabid Pemdes DPMD Kab.Kuningan H. Ahmad Faruk, S.Sos., M.Si, dan para Kabid di lingkungan Diskominfo Kab.Kuningan.

Kepala Diskominfo Kab.Kuningan, Dr. Wahyu Hidayah, M.Si, dalam sambutannya mengatakan, perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat mengharuskan semua pihak, individu, organisasi, swasta maupun pemerintah untuk mampu menghadirkan informasi terkini melalui media digital, tak terkecuali pemerintah desa sebagai lembaga pemerintah terdepan yang memberikan layanan kepada masyarakat.

“Ada banyak sekali manfaat yang akan didapat oleh sebuah desa yang mempunyai website resmi yang dikelola sendiri oleh pemerintah desa, salah satunya adalah sebagai promosi desa. Karena melalui website desa, pemerintah desa dapat memberikan informasi kondisi desa, promosi pariwisata, produk, ataupun promosi potensi lainnya,” jelas Wahyu.

Selain sebagai promosi desa, sambungnya, website desa juga memiliki manfaat untuk mempublikasikan kegiatan desa, meningkatkan pelayanan pemerintah desa, sebagai sarana komunikasi dua arah, menjadi portal berita online, serta sebagai sumber data yang lengkap tentang desa.

“Semoga kegiatan ini (red_pelatihan website desa) akan membawa manfaat peningkatan pengetahuan tentang pengelolaan website desa bagi perangkat desa di Kabupaten Kuningan. Sehingga Kuningan Maju dapat terwujud,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabid Aplikasi Informatika, Diskominfo Kab.Kuningan, Hj. Engking Sarki, S.Sos, dalam laporannya menyampaikan, hal yang melatar belakangi digelarnya pelatihan Website Desa, karena belum optimalnya pelayanan publik serta penyediaan informasi kepada masyarakat melalui website desa dalam rangka penyelenggaraan E-Government melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

“Dengan disahkannya UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintahan desa semakin memiliki posisi dan peran strategis dalam perencanaan kebijakan publik dan pengambilan keputusan. Oleh karena itu, Website Desa memiliki peran penting dalam penyediaan informasi bagi masyarakat,” jelasnya.

Sementara tujuan digelarnya Pelatihan Website Desa, lanjutnya, agar operator website desa menjadi SDM yang mampu menyajikan informasi dan data pada website desa, terlaksananya pelatihan pengelolaan subdomain kuningankab.go.id untuk desa, serta terinformasikannya kegiatan pembangunan desa, pemerintahan, dan kegiatan kemasyarakatan berupa data statis maupun data dinamis selalu aktual dan terkini.

Adapun Narasumber pada pelatihan tersebut yaitu Nanang Abdurahman, M.Kom dari Relawan-TIK Kuningan dan Luki Sugianto, A.Md, Pelaksana Pengelola Situs Web kuningankab.go.id. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share