Diskominfo Kabupaten Kuningan Serahkan Komputer Desa Pinter Tahun 2014

Kategori: 

Sebanyak 20 desa di Kabupaten Kuningan mendapatkan seperangkat komputer berfasilitasi internet dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd kepada para kepala desa bertempat di ruang Media Center Diskominfo Kabupaten Kuningan, Rabu (28/05). 20 Desa tersebut antara lain Windusengkahan, Karangtawang, Cileuleuy, Tinggar, Windujanten, Sagarahiang, Cipasung, Jatisari, Ciporang, Cigarukgak, Mekarsari, Timbang, Sukarapih, Baok, Sampora, Mandirancan, Segong, Mekarjaya, dan Cidahu. Para kepala desa tersebut diberikan pula pemahaman serta penjelasan terkait dengan perangkat komputer yang diserahkan.

Menurut keterangan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Drs. Agus Sadeli, M.Pd, bahwa tujuan dari pemberian komputer berbasis internet tersebut, diharapkan desa-desa itu bisa mempromosikan profil dan potensi desanya, dengan demikian salah satu prasyaratnya desa tersebut harus membuat blog/situs, serta dari pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan sendiri akan memberikan pendampingan untuk hal tersebut. Kemudian tujuan lainnya agar informasi-informasi desa seperti informasi yang  bersifat swadaya, PNPM dsb dapat diinformasikan kepada pemerintah daerah maupun masyarakat melalui situs resmi Pemerintah Daerah Kuningan, yaitu di  www.kuningankab.go.id.
Kadiskominfo juga berpesan bahwa komputer berfasilitasi internet tersebut bukan hanya milik perangkat desa tetapi diharapkan kelompok-kelompok informasi masyarakat yang ada di desa itu bisa memanfaatkan itu semua dengan baik, dan komputer tersebut jangan hanya digunakan untuk mengetik surat saja. Sementara itu untuk desa-desa lain yang ada di Kabupaten Kuningan yang belum dapat menerima komputer berfasilitasi internet, lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa secara bertahap akan dilakukan, karena syarat untuk desa pinter itu harus ada tower untuk akses jaringan internet.
Dalam kegiatan tersebut Kepala Bidang Sarprastel Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan, Drs. Yusup Sopyan mengatakan bahwa biaya perangkat komputer berfasilitasi internet tersebut berasal dari anggaran APBD tahun 2014,d an dikatakan bahwa adanya peningkatan penerima dari tahun sebelumnya, dimana tahun 2013 yaitu sebanyak 18 desa dan untuk tahun 2014 ini meningkat menjadi 20 desa. ( Sumber : Mey, Bidang Komunikasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan ). 

Share