Gerakan Masjid Ramah Anak Ciptakan Anak-Anak Kuningan Yang Berkarakter Dan Kepribadian Baik

Kategori: 
KUNINGAN,- Gerakan Masjid Ramah Anak ini salah satu cara untuk menciptakan anak-anak Kabupaten Kuningan yang sejahtera dan berkarakter dengan memiliki akhlak, budi pekerti dan kepribadian baik. 
 
Hal ini disampaikan oleh, Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH. pada saat menyerahkan piala Tetap Child Friendly Mosque/Gerakan Masjid Ramah Anak se-Kabupaten Kuningan Tahun 2021 di Masjid Agung Dyiarul Islam Kuningan, Minggu (19/12/2021) 
 
Bupati Kuningan mengatakan, masjid ini sudah semestinya menjadi salah satu tempat membentuk karakter anak. Maka, harus ada kebijakan memfasilitasi anak bisa berkegiatan di masjid tanpa mengganggu jamaah yang sedang beribadah.
 
"Pemkab Kuningan akan terus komitmen terhadap upaya menjadikan anak-anak Kuningan yang berkarakter dengan memiliki ahlak, budi pekerti, dan kepribadian yang baik. kita juga seharusnya bersyukur ada anak-anak yang datang ke masjid, yang berarti kita memiliki generasi penerus dalam memakmurkan masjid,” ungkapnya. 
 
Bupati juga menginginkan agar masjid tak hanya sebagai tempat shalat atau menunaikan ibadah bagi orang-orang dewasa, namun juga menjadi pusat tumbuh karakter dan pendidikan bagi anak.
 
"Masjid harus menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak," ujarnya. 
 
kemudian, kegaitan ini juga sekaligus menyerakan Hadiah terbaik mendapat piala bergilir DMI Kabupaten Kuningan dan Piala Tetap Bupati Kuningan dan untuk 10 nominasi mendapat piala DMI dan sertifikat Masjid Ramah Anak dan aneka souvenir. 
 
Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kuningan Dr. H. Ugin Lugina, M. Pd. sekaligus inisiai penyelenggara kegiatan tersebut, menyampaikan kegiatan ini untuk memakmurkan masjid yang memperhatikan komunitas anak dengan mengkhususkan pengelolaan anak dengan area, ruangan, atau tempat disiapkan perangkat pembelajaran dan guru-guru serta alat bermain yang dapat memebrikan edukasi. 
 
"Dimana anak-anak harus  merasa aman, nyaman, tenang dan senang baik dalam kegiatan ibadah bersama jama'ah masjid maupun dalam kegiatan-kegiatan lainnya," ungkapnya. (BID/IKP/DISKOMINFO) 
Share