Hadiri Maulid Nabi, Wabup : Pentingnya Sinergitas Antara Ulama Dan Umara Dalam Penanggulangan Covid-19

Kategori: 

CIDAHU,- Kemunculan wabah Covid-19 yang telah menjadi pandemi di seluruh dunia, telah berdampak besar terhadap sendi dan sektor kehidupan, dari mulai ekonomi, pariwisata, pendidikan, sosial hingga pelaksanaan peribadatan keagamaan. Hal ini tentunya merupakan ujian sekaligus tantangan terberat yang harus dihadapi.

“Untuk itu, mari kita jadikan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad ini untuk meningkat keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Sejatinya, pandemi ini merupakan ujian sekaligus peringatan dan juga teguran bagi kita agar lebih mendekatkan diri kepada sang khalik, seraya tetap berupaya dan bersabar dalam menghadapi segala ujian dan cobaan,” ucap Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan sambutan, pada acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H, di Pondok Pesantren Nurul Jadid Silban, Desa Cihideung Hilir, Kecamatan Cidahu, Kamis (8/10/2021) malam.

Dikatakan Wabup, upaya yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 tidak lepas dari peran dan dukungan para ulama. Para ulama sebagai tokoh agama, dinilai memiliki peran penting dalam meluruskan atau mengedukasi umat di tengah kebingungan.

“Para Ulama sebagai tokoh agama, memiliki peran yang sangat penting pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, baik dalam hal menyampaikan kebijakan pemerintah akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan, terutama dalam menangkal informasi-informasi hoaks kepada umat terkait Covid-19. Karena tokoh agama merupakan suri tauladan ditengah-tengah masyarakat,” ujar Wabup.

Oleh karena itu, menurutnya, pentingnya sinergitas antara ulama dan pemerintah (umara) dalam penanggulangan Covid-19. “Ulama dan Umara itu, bagai sayur tanpa garam, tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Untuk itu ulama dan umara perlu bersinergi dalam menghadapi permasalahan dan memperbaiki tatanan kehidupan bangsa,” ujarnya.

Wabup juga meminta, para ulama bersama pemerintah, untuk mengajak umat menyukseskan program Vaksinasi Covid-19, agar pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan lancar dan mencapai target yang diharapkan.

Hadir pada acara tersebut, Pimpinan Ponpes Nurul Jadid Silban KH. Jafar Sidik, Kepala Desa Cihideung Hilir beserta perangkat, tokoh agama, serta masyarakat setempat. Selanjutnya, pada kesempatan tersebut, diisi tausiyah oleh KH. Aam Aminudin dengan tema Meneladani Akhlak Rasulullah SAW. (BID IKP/DISKOMINFO)

Share